Psikologi Warna dalam Desain Kemasan: Studi Kuasi-Eksperimental terhadap Preferensi dan Emosi Konsumen

Sindu Lintang Ismoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak psikologis dari elemen warna dalam desain kemasan berbasis emosi terhadap preferensi konsumen. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimental, penelitian ini menganalisis hubungan antara 25 perasaan positif yang muncul dari interaksi manusia dengan produk dan preferensi warna kemasan. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa di kota Yogyakarta yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel klaster. Data dikumpulkan melalui eksperimen langsung serta kuesioner yang mengukur respons emosional terhadap warna produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan preferensi konsumen. Analisis statistik dengan regresi bertahap dan regresi linier sederhana mengungkap bahwa aspek psikologis dari warna dapat membentuk asosiasi emosional yang kuat, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa desain kemasan tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika tetapi juga sebagai alat komunikasi emosional yang dapat memengaruhi perilaku konsumen. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi desainer dan pemasar dalam menciptakan strategi desain berbasis emosi yang lebih efektif, guna meningkatkan daya tarik dan nilai emosional suatu produk.

Keywords


psikologi warna, desain kemasan, kuasi-eksperimental, preferensi konsumen

Full Text:

PDF

References


Annet, K. A. (2025). Psychology of Color: Its Influence on Marketing and Design. Eurasian Experiment Journal of Arts and Management (EEJAM), 7 (2)

Azman, S. A. (2020). Color in packaging. Journal of Art and Design (REKA), 2, 17-19.

Caivano, J. L. (1998). Color and semiotics: A two‐way street. Color Research & Application: Endorsed by Inter‐Society Color Council, The Colour Group (Great Britain), Canadian Society for Color, Color Science Association of Japan, Dutch Society for the Study of Color, The Swedish Colour Centre Foundation, Colour Society of Australia, Centre Français de la Couleur, 23(6), 390-401.

Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (2015). Experimental and quasi-experimental designs for research. Ravenio books.

Dai, L. (2023). The Influence of Color on Human’s Purchasing Behavior. Communications in Humanities Research, 14, 37-41.

Desmet, P. M. (2012). Faces of product pleasure: 25 positive emotions in human-product interactions. International Journal of design, 6(2).

Hasiana, E. T., Agustina, M. F., & Trisnawati, R. K. (2024). Emotions vs Colours: A Semiotics Study. Vivid: Journal of Language and Literature, 13(1), 23-36.

Jiang, H., Kwong, C. K., Liu, Y., & Ip, W. H. (2015). A methodology of integrating affective design with defining engineering specifications for product design. International Journal of Production Research, 53(8), 2472-2488.

Maciejewski, M. L. (2020). Quasi-experimental design. Biostatistics & Epidemiology, 4(1), 38-47.

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer behavior: Building marketing strategy. McGraw-Hill.

Mowen JC, Minor MS. (2021). Consumer behavior. 9th ed. Tehran: Publication of Mehraban.

Oatley, K., & Johnson-Laird, P. N. (2011). Basic Emotions in Social Relationships, Reasoning, and Psychological Illnesses. Emotion Review, 3(4), 424-433.

Pentus, K., Mehine, T., & Kuusik, A. (2014). Considering emotions in product package design through combining conjoint analysis with psycho physiological measurements. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 148, 280-290.

Tenner, E. (2015). The design of everyday things by Donald Norman. Technology and Culture, 56(3), 785-787.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/spacepro.v3i1.5466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sindu Lintang Ismoyo

Creative Commons License
SPACEPRO: Product Design Journal distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.