Perancangan Ulang Visual Identity Orange Sky Garden Payakumbuh
Abstract
Meningkatnya jumlah kafe di Payakumbuh saat ini membuat para pemilik kafe berpikir lebih kreatif dan inovatif. Orange Sky Garden merupakan kafe yang terletak dipusat kota Payakumbuh, didirikan oleh Riko Putra pada tahun 2015. Kafe ini mengusung konsep perpaduan ruang terbuka dan klasik. Banyaknya kompetitor membuat berkurangnya pengunjung ke kafe Orange Sky Garden, walaupun yang mengusung konsep tersebut jarang di kota Payakumbuh. Permasalahan Orange Sky Garden terletak pada identitas mulai dari logo sampai kurangnya pemanfaatan media sosial. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya yaitu SWOT dan 5W 1H. Hasil Perancangan Ulang Visual Identity Orange Sky Garden Payakumbuh berupa logo sebagai media utama. Logo tersebut merupakan wajah baru Orange Sky Garden mewakili kafe secara keseluruhan, dengan logo ini dapat memperkuat identitas kafe dan mempermudah pelanggan mengenalinya. Bentuk logo yang baru ini berbentuk lingkaran (monoline) kombinasi dari elemen-elemen visual kafe Orange Sky Garden. Media pendukung Perancangan Ulang Visual Identity Orange Sky Garden Payakumbuh berupa signage, packaging, poster, banner, merchandise, desain UI menu, seragam, desain sosial media, office set dan manual book.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adani, Muhammad Robith. Mengenal Apa itu Visual Branding dan Strategi Penerapannya.sekawanstudio.com. 28 Agustus 2020
Adi Kusrianto. Pengantar Desain Komunikasi Visual. (Yogyakarta:Andi, 2007)
Anggraini Lia. dan Nathalia Kirana. (2014). Desain Komunikasi Visual. Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia. 64.
Agung, dkk. (2021). Redesign Logo Kafe dan Resto Rumah B ako Payakumbuh. Gorga : Jurnal Seni Rupa. 10 (2). 300.
Carter, David. E. 1985. Designing Corporate Identity Programs for Small Corporation. New York: Art Direction Book Company
Danger, Erik P . (1992). Selecting colour for Packaging. England: Gower Technical Press Ltd.
Hafidz. 2018. Memahami Beberapa Jenis Logo. Fidznet.com
Ismi, Trias. 2021. Visual Identity, Faktor Penting dalam Membentuk Persepsi Konsumen. Glints.com
K.Yin Robert. 2003. Studi Kasus, Desain, dan Metode. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Landa, Robin. 2011. Graphic Design Solutions, Fourth Edition. USA: Wadsworth Pettersson, Rune. 2010.
Rustan, Surianto, 2009. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Jakarta: Gramedia.
Sutoyo. (2018). Hubungan Antara Intensitas Kompetisi Pasar dan Sistem Kontrol Interaktif pada Kinerja Organisasi. Buletin Ekonomi, 16(2), 137–146.
Wheeler, A. (2009). Designing brand identity: An essential guide for the entire branding team, 3rd Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc
Ye, Fakhrul Rijal. (2016). Perancangan Visual Identity Baraka Kafe Pada Media Adprint. Tugas Akhir. Universitas Negeri Padang
SUMBER LAIN:
https://www.undip.id/2022/fenomena-coffee-shop-bisnis-kekinian-di-indonesia/
What makes a good logo?. justcreative.com. 27 July 2009. diakses pada tanggal 5 September 2023, pukul 15.42 WIB. https://justcreative.com/what-makes-a-good-logo/
Maulidi, A. (2017). Pengertian Kafe (Kafe ). Diakses tanggal 16 Februari 2024 Dari https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-Kafe -Kafe .
Janji Jiwa Berubah Logo! Sebuah Inovasi Baru Untuk Toko Kopi. Vincent Geraldi. Diakses pada tanggal 18 Februari 2023, Pukul 17.27 WIB. https://apostrofecreative.com/articles/janji-jiwa-berubah-logo-sebuah-inovasi-baru-untuk-toko-kopi/
Teori Gestalt dalam logo. Diakses pada tanggal 03 Maret 2024, Pukul 20.27 WIB. https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/05_gestalt_dan_trend_logo
Ajie Saputra, Iqbal. 2023. 5 Cafe Terbaik di Payakumbuh dengan suasana Nyaman dan Instagramable, Sangat Cocok untuk Kamu (Harian Haluan). Diakses dari https://www.harianhaluan.com/lifestyle/109185600/5
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/spacepro.v3i1.5494
Copyright (c) 2025 Regil Afrian Hamzah, Harissman Harissman, Junaidi Rajab
SPACEPRO: Product Design Journal distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.