PERANCANGAN MEDIA PROMOSI AIA AKA AMAI DI KOTA PADANG

SYIFA SARITA MUCHSIN, KENDALL MALIK, FERRY FERNANDO

Abstract


Abstrak

Minuman tradisional aia aka yang merupakan minuman khas Sumatera Barat mengalami penurunan peminat akhir-akhir ini. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya penjual minuman tradisional aia aka di Sumatera Barat. Aia Aka Amai adalah salah satu pedagang minuman tradisional aia aka yang bertahan hingga sekarang. Namun keberadaan Aia Aka Amai tetap kalah jika dibandingkan dengan minuman lainnya seperti kopi, thai tea, boba dan minuman kekinian lainnya. Melihat masalah tersebut, perancang menemukan rumusan masalah yaitu bagaimana merancang media promosi Aia Aka Amai di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam media promosi Aia Aka Amai ini adalah S.W.O.T dan A.I.D.A. Selanjutnya penulis melakukan brainstorming untuk menentukan konsep yang tepat untuk perancangan media promosi Aia Aka Amai. Konsep yang digunakan adalah muda, natural, dan tradisional. Pada perancangan ini, media yang dihasilkan adalah media utama berupa bauran media, dan media pendukung. Media utama terdiri dari logo, kemasan, video promosi, dan konten sosial media. 

ABSTRACT

The traditional drink, aia aka, which is a typical drink of West Sumatra, has decreased in demand lately. This is evidenced by the decrease in sales of traditional aia aka drinks in West Sumatra. Aia Aka Amai is one of the traditional aia aka beverage vendors, that have survived to this day. However, the existence of Aia Aka Amai is still inferior when compared to other drinks such as coffee, thai tea, boba, and other contemporary drinks. Seeing this problem, the designer found a solution, namely how to design Aia Aka Amai promotional media in Padang City. The methods used in Aia Aka Amai's promotional media are S.W.O.T and A.I.D.A. Next, the writer brainstormed to determine the right concept for designing Aia Aka Amai promotional media. The concept used is young, natural, and traditional. In this design, the resulting media is the main media in the form of a media mix and supporting media. The main media consists of logos, packaging, promotional videos, and social media content.


Keywords


Media promosi, Minuman Tradisional, Aia Aka Amai, Muda, Natural

Full Text:

PDF

References


Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Amaliah, Fianto. Yosep (2015) “Perancangan Media Promosi PT Petronika

Sebagai Upaya Pembentukan Citra Perusahaan”. Jurnal Desain

Komunikasi Visual, Vol.4, No.1, Hal.3.

Anggraini, Lia, & Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual

(Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendikia.

Ardhi, Y. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan

Menarik.Yogyakarta:TAKA Publisher

Cenadi, Christine Suharto. (1999). Elemen-Elemen Dalam Desain

Komunikasi Visual. Jakarta: UKP

Djaslim Saladin, Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen

Pemasaran, (Bandung: Mandar Maju, 1991), hal. 6617

Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. 1994. Jakarta: Modern

English Press

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam

Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi

Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Philip Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Kesebelas.

Jakarta: PT. Prehallindo, 119.

Pitojo, S. 2009. Aneka Tanaman Bahan Camcau. Jakarta : AgroMedia

Pustaka

Rustan,Surianto, 2009, Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Sandra Moriaty, Nancy, dan William Wella. 2009. Advertising. Jakarta:

Prenada Media Group

Shimp. Terence A. 2002. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu Edisi 5 Jilid II. Jakarta; ERLANGGA

Sihombing, Danton (2001). Tipografi dalam desain grafis.Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta: Andi.

Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka

Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v1i1.2214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SYIFA SARITA MUCHSIN, KENDALL MALIK, FERRY FERNANDO

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.