PERANCANGAN MEDIA PROMOSI AIA AKA AMAI DI KOTA PADANG
Abstract
Abstrak
Minuman tradisional aia aka yang merupakan minuman khas Sumatera Barat mengalami penurunan peminat akhir-akhir ini. Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya penjual minuman tradisional aia aka di Sumatera Barat. Aia Aka Amai adalah salah satu pedagang minuman tradisional aia aka yang bertahan hingga sekarang. Namun keberadaan Aia Aka Amai tetap kalah jika dibandingkan dengan minuman lainnya seperti kopi, thai tea, boba dan minuman kekinian lainnya. Melihat masalah tersebut, perancang menemukan rumusan masalah yaitu bagaimana merancang media promosi Aia Aka Amai di Kota Padang. Metode yang digunakan dalam media promosi Aia Aka Amai ini adalah S.W.O.T dan A.I.D.A. Selanjutnya penulis melakukan brainstorming untuk menentukan konsep yang tepat untuk perancangan media promosi Aia Aka Amai. Konsep yang digunakan adalah muda, natural, dan tradisional. Pada perancangan ini, media yang dihasilkan adalah media utama berupa bauran media, dan media pendukung. Media utama terdiri dari logo, kemasan, video promosi, dan konten sosial media.
ABSTRACT
The traditional drink, aia aka, which is a typical drink of West Sumatra, has decreased in demand lately. This is evidenced by the decrease in sales of traditional aia aka drinks in West Sumatra. Aia Aka Amai is one of the traditional aia aka beverage vendors, that have survived to this day. However, the existence of Aia Aka Amai is still inferior when compared to other drinks such as coffee, thai tea, boba, and other contemporary drinks. Seeing this problem, the designer found a solution, namely how to design Aia Aka Amai promotional media in Padang City. The methods used in Aia Aka Amai's promotional media are S.W.O.T and A.I.D.A. Next, the writer brainstormed to determine the right concept for designing Aia Aka Amai promotional media. The concept used is young, natural, and traditional. In this design, the resulting media is the main media in the form of a media mix and supporting media. The main media consists of logos, packaging, promotional videos, and social media content.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Amaliah, Fianto. Yosep (2015) “Perancangan Media Promosi PT Petronika
Sebagai Upaya Pembentukan Citra Perusahaan”. Jurnal Desain
Komunikasi Visual, Vol.4, No.1, Hal.3.
Anggraini, Lia, & Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual
(Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendikia.
Ardhi, Y. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan
Menarik.Yogyakarta:TAKA Publisher
Cenadi, Christine Suharto. (1999). Elemen-Elemen Dalam Desain
Komunikasi Visual. Jakarta: UKP
Djaslim Saladin, Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen
Pemasaran, (Bandung: Mandar Maju, 1991), hal. 6617
Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. 1994. Jakarta: Modern
English Press
Lee, Monle dan Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam
Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi
Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Philip Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Kesebelas.
Jakarta: PT. Prehallindo, 119.
Pitojo, S. 2009. Aneka Tanaman Bahan Camcau. Jakarta : AgroMedia
Pustaka
Rustan,Surianto, 2009, Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Sandra Moriaty, Nancy, dan William Wella. 2009. Advertising. Jakarta:
Prenada Media Group
Shimp. Terence A. 2002. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi
Pemasaran Terpadu Edisi 5 Jilid II. Jakarta; ERLANGGA
Sihombing, Danton (2001). Tipografi dalam desain grafis.Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta: Andi.
Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka
Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v1i1.2214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SYIFA SARITA MUCHSIN, KENDALL MALIK, FERRY FERNANDO
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.