PERANCANGAN MOTION COMIC SULTAN THAHA SYAIFUDDIN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KARAKTER PADA ANAK

Fani Arjunanda, Yoni Sudiani, Olvyanda Ariesta

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengenalkan karakter tokoh pahlawan nasional sultan Thaha Syaifuddin pada anak yang saat ini sudah mulai lupa tentang perjuangan para pahlawan nasional. Tokoh sultan Thaha Syaifuddin memiliki kisah yang berisikan nilai-nilai kepemimpinan dan jiwa nasionalisme sehingga dapat memotivasi anak menjadi generasi berkarakter berjiwa nasionalisme. perkembangan dan keterbukaan media merupakan salah satu hal yang mempengaruhi karakter generasi muda yang merupakan tulang punggung suatu bangsa. Minimnya rasa nasionalisme pada generasi muda dapat mengarah pada fenomena krisis karakter pada anak terutama anak dalam masa sekolah yakni11-14 tahun. Dalam mencari data ini diperlukan wawancara pada target audiens dan dalam memenuhi target audiens dibuat kuisioner online serta analisa dengan metode AIDA untuk mengetahui rancanagn seperti apa yang akan dibuat. Dari hasil Analisa yang telah di lakukan mendapatkan kesimpulan yakni perlunya sebuah media yang menarik minat anak-anak tersebut dengan media motion komik dimana tokoh utama Sultan Thaha yang merupakan pahlawan Nasional Jambi.konsep visual yang akan disajikan adalah komik flat dan sederhana dimana ceritanya berdasarkan sudut pandang orang ketiga. Dalam proses perancangan ini menggunakan Clip Studio Paint, Adobe Ilustrator dan Adobe Premier. Setelah semua proses sketsa, penyusunan komik, dan pembuatan motion hasil rancangan yang berupa motion comic ini di publikasikan melalui laman Youtube yang dapat diakses anak.


Keywords


Motion Komik, Tokoh, Sultan Thaha Syaifuddin

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Praremaja.

Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Amita, Dinanda. 2018. Psikologi remaja dan permaslahanya. Jurnal Dosen Sekolah Tinggi

Ilmu Tabriyah (STIT) Islamic Village Tanggerang.

Fridani, Lara. 2008. Evaluasi Perkembangan Anak usia praremaja. Tangerang Selatan:

Penerbit Universitas Terbuka.

Gumelar, Ms. 2011. Comic Making: Cara Membuat Komik. Jakarta: Kebangan.

Indah, Budyawati. 2016. Implementasi Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan

Bercerita Anak Kelas B Di Paud Sarin Rare Mas Ubud. Vol. 5, No. 3, Januari, Ubud, hlm

Kusrianto, Adi. 2004.Tipografi Komputer Untuk Desainer Grafis. Yogyakarta.

Maharsi, I. 2018. “Penciptaan Motion Comic Wayang Beber Jaka Kembang Kuning”. Vol .12, No. 1, Januari, Yogyakarta, hlm 4.

Noor, Junaidi T. 2007. Mencari Jejak Sangkala. Jambi: Pusat Kajian Sejarah dan Budaya Jambi. Jambi: Pusat Kajian dan Pengembangan Budaya Jambi.

Pradinta, Rangga. 2014. Perancangan Motion Comic Thandara dan Arsip Gundala. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa dan Desain 1 3

Rustan, Surianto. 2008. Layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Scout, Mcloud. 2007. Membuat Komik: Rahasia Bercerita Dalam Komik, Manga dan Novel Grafis. Jakarta.

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Somad, Arsyad. 2003. Mengenal Adat Jambi Dalam Perpektif Modern. Jambi: Dinas Pendidikan Propinsi Jambi.

Sriwitari & I Gusti Nyoman. 2014. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta.

Sudjana, Nana dan Rivai, A. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v2i1.3242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fani Arjunanda, Yoni Sudiani, Olvyanda Ariesta

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.