PARADIGMA KECANTIKAN DALAM IKLAN PRODUK CITRA BEAUTY LOTION TAHUN 1994-2022
Abstract
Wacana kecantikan merupakan fenomena yang terus berkembang, dan selama ini direkonstruksi oleh budaya untuk selanjutnya diretorikakan oleh berbagai media salah satunya iklan. Sehingga Iklan dianggap sebagai media yang memberi kontribusi signifikan terhadap terbentuknya standart Kecantikan dalam sebuah masa. Secara khusus penelitian ini berusaha untuk menggali lebih dalam tentang fenomena kecantikan dengan cara menganalisis iklan Citra hand and body lotion sejak tahun 1994-2022. Empat iklan dijadikan sebagai obyek material yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes dan psikoloanalisis Sigmund Freud. Semiotika digunakan untuk mengungkap definisi kecantikan yang tersembunyi dalam simbol-simbol visual pada adegan iklan Citra. Berbagai aspek ideologis, paradigma masyarakat yang berkembang pada saat itu menjadi hal menarik untuk digali guna mengungkap tanda yang mampu mengarahkan kita pada kesimpulan tertentu. Untuk memperkuat hal tersebut pendekatan psikoanalisis digunakan sebagai alat dalam memahami dampak iklan tersebut bagi pemenuhan psikologis khususnya wanita pada saat itu. Berdasarkan penelitian tersebut, terungkap bahwa pada iklan Citra yang tayang pada tahun 1994 definisi cantik dirumuskan berdasarkan ukuran wanita Jawa yang tertulis pada “Serat Centhini”. Sedangkan pada tahun 2004 wanita cantik adalah sosok yang putih, feminim, berpendidikan, dan berpikiran modern. Definisi cantik pada iklan tahun 2017 adalah sosok wanita yang memiliki kulit putih, langsing dan berpenampilan layaknya wanita Asia Timur. Pada tahun 2022 definisi cantik adalah wanita yang mengenal dan bangga akan identitasnya sebagai wanita Indonesia yang multi etnis dan berbudaya heterogen. Iklan Citra juga dapat dijadikan sebagai sarana bagi wanita dalam memenuhi kebutuhan eksistensialisme dan seksualitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliandra, S. (2019). Perilaku Diskriminatif Pada Perempuan Akibat Kuatnya Budaya Patriarki di Indonesia Ditinjau dari Perspektif Konflik. Jurnal: Kolaborasi Resolusi Konflik. Vol. 3, No. 1., 1-13.
Aquarini, & Prabasmoro. (2003). Becoming White: Reprsentasi Ras, Kelas, Feminimitas dan Globalisasi dalam Iklan Sabun. Yogyakarta: Jala Sutera.
Ardipandanto, A. (2020). Dampak Politik Identitas Pada Pilpres 2019: Perspektif Populisme. Politica Vol. 11 No. 1. doi: 10.22212/jp.v11i1.1582, 43-63.
Arsitowati, W. H. (2017). Kecantikan Wanita Korea Sebagai Konsep Kecantikan Ideal Dalam Iklan New Pond’s White Beauty: What Our Brand Ambassadors Are Saying. Humanika. Vol.24 No.2 , 84-97.
Arsyad, N. (2007). Perbandingan Bentui Wajah Mahasiswa-Mahasiwa Suku Jawa dan Suku Ternate. Mutiara Media, Vol. 7, No.2, 144-150.
Crooks, R., & Baur, K. (2010). Our sexuality 10th edition. California: The Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc.
Darwin, M. (1999, Juni 24). MASKULINITAS: Posisi Laki-Laki dalam Masyarakat Patriarkis. Center for Population and Policy Studies, p. 281.
Fernie, E. (1995). Art History and Its Methods a Critical Antrology. London: Phaidon Press Limited.
Fitria, D. (2018). Analisis Makna Cantik Wanita Muslimah Dalam Iklan. Lampung: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung.
G.K.R Hemas. (1992). Wanita Indonesia Suatu Konsepsi dan Obsesi. Yogyakarta: Liberty.
Hana, Y. (2013). Representasi Feminisme dalam Film " Snow White and The Huntsman". Jurnal E-Komunikasi. Vol.1, No.3.
Hanum, F. (2018). Kajian Dinamika Gender. Malang: Intrans Publishing .
Hugh-Jones, S. G. (2005). Sexualities exhibitionism as ‘sexuality and individuality’: A critique of psycho-medical discourse from the perspectives of woman who exhibit. Sexualities Journal, Vol. 8, No.3.
Iradhad Taqwa Sihidi, A. R. (2020). Pertarungan Populisme Islam dalam Pemilihan Presiden 2019. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol. 5, No. 2. DOI: 10.14710/jiip.v5i2.8516, 174-189.
Jainuddin, M. H. (2019). Islam dan Politik Orde Lama. Sangaji Jurnal Pemikiran Syariah dan Hukum, Vol. 3, No. 2, 226-242.
Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang .
Kusnandar, B. (2022, Maret 22). Lebih dari Separuh Penduduk Papua Barat Beragama Kristen pada 2021. Retrieved from katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/22/lebih-dari-separuh-penduduk-papua-barat-beragama-kristen-pada-2021
Listyani, D. A. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram. Paradigma. Vol. 04 No. 03, 1-13.
Melliana.S, A. (2013). Menjelajah Tubuh Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: Lkis.
Mubarokah, L. (2021). Wanita dalam Islam. Journal of Islamic Studies and Humanities, Vol. 6, No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.21580/jish.v6i1.8175, 23-31.
Pratama, A. Y. (2017). Telaah Pasca “Kartu Kuning Jokowi”, Pemberian Otsus Bagi Papua: Epenkah? Cupentoh? Jurnal Ilmiah Hukum, Volume 11 Nomor 1, 94-105.
Primariantari. (1998). Perempuan dan Politik Tubuh Fantastis. Yogyakarta: Kanisius.
Rizaty, M. A. (2023, Maret 28). Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam pada 2022. Retrieved from Dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/ragam/detail/mayoritas-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-2022
Sabana, S. W. (2017). Proses Kreatif Konsep Penciptaan Bentuk (Studi Kasus: Kemben, Pakaian Adat Perempuan Jawa, Penari Jawa). Jurnal Seni Rupa: Warna. Vol.5, No 1.
Sari, R. P. (2021, Juni 10). Riwayat Pendidikan Maudy Ayunda, Lulus dari Dua Universitas Terbaik Dunia. Retrieved from Kompas.com : Perempuan: https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/10/120020866/riwayat-pendidikan-maudy-ayunda-lulus-dari-dua-universitas-terbaik-dunia#:~:text=JAKARTA%2C%20KOMPAS.com%2D%20Seakan,sekaligus%2C%20Administrasi%20Bisnis%20dan%20Pendidikan.
Segal, J. (2003). Fantasi. Yogyakarta: Pohon Sukma.
Syafei, I. (2015). Subordinasi Perempuan dan Implikasinya dalam Rumah Tangga. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 15, No. 1.
Tilaar, M. (2017). Kecantikan Perempuan Timur. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i1.3700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.