PERANCANGAN BUKU ESAI FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI CAGAR BUDAYA DI KAMPUNG HAKIM BALE BUJANG

maya juwita juwita

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk merancang Buku Esai Fotografi Sebagai Media Promosi Cagar Budaya di Kampung Hakim Bale Bujang. Kampung ini terdapat banyak cagar budaya. Saat ini, banyak masyarakat, pelajar dan mahasiswa yang belum mengetahui Cagar Budaya di Kampung Hakim Bale Bujang dikarenakan saat ini banyak yang tidak mengetahuinya, karena kurangnya kepedulian masyarakat, pelajar dan mahasiswa terhadap cagar budaya yang ada di Kampung ini. Cagar Budaya merupakan bagian dari warisan budaya yang harus dilestarikan dan mempunyai banyak sekali nilai-nilai positif yang baik untuk perkembangan. Cagar budaya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan perkembangan intelektual, sosial, emosi, dan kepribadian pelajar dan mahasiswa.

Perancangan Buku Esai Fotografi Sebagai Media Promosi Cagar Budaya di Kampung Hakim Bale Bujang menggunakan Metode Analisis SWOT. Metode ini digunakan untuk mengkaji bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada media yang akan dirancang. Adapun hasil dari perancangan ini meliputi; perancangan sebuah Buku Esai Fotografi Cagar Budaya di Kampung Hakim Bale Bujang dan terdapat media pendukung lainnya seperti poster, pin, x-banner dan mock up. Buku ini dirancang untuk pelajar dan mahasiswa usia 12-25 tahun guna untuk melestarikan kembali Cagar Budaya di Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamtan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Kata Kunci: Buku Esai, Fotografi, Cagar Budaya


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i1.3795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.