PERANCANGAN CERGAM SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT GENRE FIKSI SPEKULATIF DAN SEJARAH ALTERNATIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SMA

Audi Anindita Pramesti

Abstract


 

Sejarah Indonesia pada zaman kerajaan dahulu sangatlah kaya dan kuat, seperti salah satu kekuatan besar yaitu Kerajaan Majapahit yang banyak dikenang oleh banyak orang dari Indonesia maupun luar Indonesia. Sayangnya, banyak generasi muda yang tidak sadar akan kekayaan sejarah tersebut. Buku-buku pelajaran sejarah di SMA, yang memiliki materi Kerajaan Indonesia, juga tidak mendukung dengan isinya yang tekstual dan monoton sehingga cepat membuat siswa jenuh dan menurunkan minat siswa dalam belajar. Dari masalah tersebut terbentuk lah sebuah perancangan media edukasi berupa cerita bergambar yang mempromosikan kekayaan sejarah tersebut dan, tentunya, dapat menarik banyak audiens dari kalangan generasi muda. Cerita bergambar tersebut tentu bisa digabungkan dengan sentuhan modern seperti genre fiksi yang dapat menarik bahkan lebih banyak lagi audiens. Genre seperti Fiksi Spekulatif dan Sejarah Alternatif dapat menjadi sentuhan yang dapat membuat cerita bergambar tersebut semakin menarik. Metode penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan proses pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka atau dokumen, survei, dan observasi. Hasil dari rancangan ini merupakan sebuah buku cerita bergambar yang berjudul “Para Wangsa” sebagai media edukasi alternatif bagi siswa untuk mempelajari sejarah Kerajaan Majapahit melalui media visual yang diharapkan dapat membantu siswa SMA mengenal sejarah Kerajaan Majapahit.


Keywords


Sejarah, Kerajaan Majapahit, Fiksi Spekulatif, Sejarah Alternatif, Cerita Bergambar.



DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i1.3815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.