PENGEMBANGAN CREATIVEPRENEURSHIP BRAND EXCOFF MELALUI PERANCANGAN VISUAL IDENTITY

Dwi Suryo Sumbodo, Pranti Sayekti, Yon Ade Lose Hermanto

Abstract


PT Excoff Kreatif Indonesia adalah bisnis baru yang memproduksi jam tangan dari limbah ampas kopi dengan sentuhan budaya pamor keris pada strapnya. Meskipun berpotensi untuk dikembangkan, Excoff masih kurang dikenal dan ingin membedakan diri dari produk sejenis. Untuk itu, dilakukan perancangan visual identity Excoff dengan mengikuti model perancangan prosedural Alina Wheeler, melalui tahapan 1) Conducting Research, 2) Clarifying Strategy, 3) Designing Identity, 4) Creating Touchpoints, dan 5) Managing Asset. Proses dimulai dengan pengumpulan dokumen, angket, dan observasi untuk analisis lanjutan dengan 5W+1H dan consumer daily activities. Selanjutnya, dilakukan penentuan konsep desain logo, pemilihan typografi, warna, dan supergrafis. Keberlanjutan kebutuhan internal dan eksternal perusahaan ditentukan berdasarkan touchpoint untuk meningkatkan pengalaman visual konsumen. Terakhir, Visual identity guidelines disusun dengan instruksi mengenai penggunaan logo, grafik pendukung, serta penerapan dan implementasinya dalam berbagai media komunikasi visual

Keywords


Creative Preneurship, Jam Tangan, Visual Identity

Full Text:

PDF

References


Akel, G. (2022). Handbook of Research on Interdisciplinary Reflections Contemporary Experiental Marketing Practices (pp. 85–85). IGI Global Publisher of Timely Knowledge.

Allen, J. P. (2019). Digital Entrepreneurship. Routledge.

Aulia, S., Sudiani, Y., Oriesta, O., Studi Desain Komunikasi Visual, P., Seni Rupa dan Desain, F., & Kunci, K. (2022). Perancangan Visual Branding Taman Rimba Zoo Jambi. Jurnal VcoDe : Visual Communication Design Journal, 2(2), 149–161. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/VCoDe/issue

Hermanto, Y. A. L. (2021). Creative Process in Creating Letters Design. 612. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211212.060

Kir, S. (2019). New Media and Vissual Communicaion in Social Networks. IGI Global.

Optimizely Team. (2021). Customer journey mapping: A brand experience-foccused guide. In Optimizely. https://www.optimizely.com/insights/blog/customer-journey-mapping-abrand-experience-focused-guide/

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Peate, S. (2018). Finding your “type”: Font psychology and typography inspiration in logo design. In Fabrik. https://fabrikbrands.com/font-psychology-and-typography-inspiration-in-logo-design/

Sanjaya, P. B., & Kamal, N. (2021). Perancangan Visual Identity Kacang Barandang Buk Nini di Nagari Lawang Kec. Matur. VCoDE: Visual Communication Design Journal, 1(1).

Wheeler, A. (2017). Designing Brand Identity: an Essential Guide for The Whole Branding Team (5th ed.). Canada.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v3i1.3852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.