Karakter Perempuan Minangkabau dalam Pertunjukan Teater Tiga Perempuan Naskah Karya Fia Suswati Sutradara Tya Setiawati
Abstract
Pertunjukan Tiga Perempuan menceritakan tentang seorang perempuan Minangkabau yang hidup sebagai seorang padendang. Tokoh Marlena, juga selalu berganti pasangan jika ia merasa tidak bahagia dengan laki-laki tersebut. Hal ini bertolak belakang dengan karakter perempuan Minangkabau berdasarkan adat Minangkabau. Sisitem adat Matrilineal Minangkabau memberikan posisi atau kedudukan yang lebih tinggi bagi kaum perempuan Minang. Metode yang digunakan dalam menganalisis karakter perempuan dalam pertunjukan Tiga Perempuan naskah karya Fia Suswati sutradara Tya Setiawati adalah metode deskriptif analisis. Perbedaan karakter perempuan Minangkabau berdasarkan adat Minangkabau dengan yang tampak dalam pertunjukan Tiga Perempuan, dapat dilihat dengan menggunakan teori sosiologi. Setelah dilakukan penelitian terhadap pertunjukan Tiga Perempuan naskah karya Fia Suswati sutradara Tya Setiawati, maka dapat diketahui bagaimana perbandingan karakter perempuan Minangkabau berdasarkan adat Minangkabau dan karakter perempuan Minangkabau dalam Pertunjukan, serta penyebab perubahan karakter perempuan Minangkabau dalam pertunjukan Tiga Perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boestami, et al., Kedudukan dan Peranan Wanita dalam Kebudayaan Suku Bangsa Minangkabau, Padang : CV ESA, 1992 .
Cahyaningrum Dewojati,Drama; Sejarah, Teori dan Penerapannya, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
Hajizar, Perempuan-perempuanMinangPelakuSeni, Padangpanjang : PUSLIT & P2M STSI Padangpanjang, 2009.
, Harian Jogja, Sabtu 2 Mei, Kamis14 Mei 2009.
Harymawan,Dramaturgi,Bandung: CV. Rosdakarya,2002.
Idrus Hakimy, Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, Pidato Alua Pasambahan Adat di Munangkabau, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1991.
JakobSumardjo,FilsafatSeni, ITB, Bandung,2000.
J.Dwi Narwoko, et al., Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan,Jakarta : Kencana, 2004.
Japi Tambajong, Dasar-dasar Dramaturgi,Bandung: CV Pustaka Prima, 1981.
Kris Budiman,Drama; Semiotika Visual, Yogyakarta : Jalasutra, 2011.
Mansour Fakih, Partisipasi Politik Perempuan Minang dalam Sistem Masyarakat Matrilineal, Padang : LP2M Padang, 2003.
Mudji Sutrisno, et al.,Teori-Teori Kebudayaan, Yogyakarta : Kanisius, 2005.
Nur Sahid, Sosiologi Teater, Yogyakarta : Prasista, 2008.
PanutiSudjiman, MemahamiCerita-ceritaRekaan, Jakarta: Pustaka Jaya, 1988.
Rikrik El Saptaria, PanduanPraktisAktingUntuk Film &Teater, Jakarta: RekayasaSains, 2006.
Soerjono Soekanto, Sosiologi; Suatu Pengantar,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1982.
, SOLOPOS, Rabu, 6 Mei 2009.
Sugiyono, MemahamiPenelitianKualitatif,Bandung : CVAlfabeta, 2010 .
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,Bandung : CV Alfabeta,2008.
Tommy F Awuy,Sisi Indah Kehidupan; Pemikiran Seni dan Kritik Teater, Jakarta MSPI, 2003.
Umar Yunus, Kaba dan Sistem Sosial Minangkabau, Jakarta: Balai Pustaka, 1984.
Yudiaryani,Panggung Teater Dunia, Yogyakarta : Pustaka Gondho Suli, 2002.
ZusneliZubir,PerjalananTokohPerempuanMinangkabauMenentangTradisi,Yogyakarta :Eja Publisher, 2011.
Sumber lain
Naskah Tiga Perempuan Karya Fia Suswati, Arsip Teater Sakata Padangpanjang
Vidio Pertunjukan Tiga Perempuan, Arsip Dokumentasi Teater Sakata Padangpanjang, 2009.
http://id.wikipedia.org/wiki/Tambo_Minangkabau/
http://clio1673.blogspot.com/2013/01/tugas-akhir-perempuan-minang-di-luar_9916.html/
Wawancara
Nara Sumber :
Tya Setiawati, 36 tahun (Ciamis, 29 Juni 1978) Sutradara pertunjukan Tiga Perempuan.Wawancara dilakukan pada tanggal 5 Juli 2014 di Rumah nara sumber di Padangpanjang.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v2i1.1370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)
P-ISSN: 2715-5404 | E-ISSN: 2715-5412Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License