Pertunjukan Randai Intan Payuong Jorong Bukik Topung Nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota Melalui Kajian Semiotika.
Abstract
Penelitian Randai Intan Payung Jorong Bukik Topung Nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan upaya untuk menggali semiotika terhadap pertunjukan ini. penelitian terhadap semiotika dalam pertunjukan tersebut diawali dengan melakukan kajian analisis struktur dan tekstur pertunjukan Randai Intan Payung Jorong dan melakukan penelitian lapangan terhadap pertunjukan Randai Intan Payung. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan kajian atas semiotika, dan diwujudkan dalam penelitian semiotika terhadap pertunjukan Randai Intan Payung Jorong Bukik Topung Nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada ketetapan pertunjukan Randai Intan Payung Jorong Bukik Topung Nagari Taeh Bukik Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian merupakan suatu ciri khas keberadaan Randai Intan Payung Jorong yaitu adanya gerak aktor dengan silat langkah tiga seluk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awuy F. Tommy, 1999. Teater Indonesia, Konsep, Sejarah, Problema.
Barthes, Roland. 2017. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Basa Basi.
Danesi, Marcel. 2004. Pesan Tanda dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.
Dewojati, Cahyaningrum. 2010. Drama: Sejarah, Teori, danPenerapannya. Yogyakarta: GadjahMada University Press.
Esten, Mursal. 1993. Minangkabau Tradisi dan Perubahan. Padang: Angkasa Raya.
Herwanfakharizal,” Randai Panglimo Gaga: Awal Mula Teater Modern”, Tesis program studi pengkajian seni pertunjukan, jurusan ilmu-ilmu Humaniora Universitas Gajah Mada,Yogyakarta, 2000.
Maryelliwati, “Eksistensi Randai Rambun Kasian Dalam Masyarakat Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota”, Tesis programstudi ilmu pengetahuan sosial, Universitas Negri Padang, Padang, 2007.
Moleong,Lexi. 1998.Metodologi penelitian kualitatif,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rizki Saputra, “Struktur Dramatik Randai Parang Kamang Grup Siti Asiah dalam PerspektifTeks Lakon dan Teks Pertunjukan”, Padangpanjang, 2015.
Sahid, Nur. 2004. Semiotika Teater. Yogyakarta: Lembaga penelitian ISI Yogyakarta.
Sedyawati, Edi. 1983. Seni dalam Masyrakat Indonesia. Jakarta :PT Gramedia Pustaka.
Syafriadi, “Resepsi Masyrakat Penonton Nagari Batipuh Baruh TerhadapPertunjukanRandai Intan Korong”, Padangpanjang, 2016.
Udasmoro, Wening. 2007. Pertualangan Semiologi RolandBarthes.Yogyakarta:
Pustaka pelajar.
Waluyo,Herman.2007. Drama, Naskah, Pementasan, Dan Pengajarannya.
Surakarta:Lembaga pengembangan pendidikan (LPP) UNS dan UPT
Penerbit dan pencetakan UNS.
Zulkifli, “Randai Sebagai Teater Rakyat Minangkabau Di Sumatra Barat Dalam
DimensiSosial Budaya”, Tesis Program Studi Sejarah, Jurusan Ilmu dan
Humaniora,Universitas Gajah Mada,
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v2i1.1373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)
P-ISSN: 2715-5404 | E-ISSN: 2715-5412Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License