Pembelajaran Olah Tubuh Teater Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Ekstrakurikuler MAN 2 Palembang
Abstract
Olah tubuh sebagai komponen dalam pelatihan keaktoran teater perlu diberikan sebagai modal pembentukan keaktoran. Olah tubuh di dalam seni teater memerlukan beberapa tawaran metode dalam pelatihannya. Artikel ini memuat tentang pembelajaran olah tubuh dasar teater mengunakan metode tutor sebaya pada ekstrakurikuler di MAN 2 Palembang. Data akan dianalisis dengan metode analisis data interaktif yang mencakup 4 data komponen pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.Adapun sumber data yang diperoleh melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran olah tubuh dasar teater menggunakan metode tutor sebaya pada kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 Palembang berjalan dengan baik. Implementasi metode yang digunakan dalam pembelajaran olah tubuh dasar teater adalah metode Tutor Sebaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, 2015, Management Of Student Development, Riau, Yayasan Indragiri.
Fitriani, 2016, Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Kelas, Yogyakarta, Invalindiant Candrawinata.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harymawan. (1993). Deramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet:24. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet:24. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murtono, 1996. Dasar-Dasar Teknik Olah Tubuh Teater”Setudi Komparasi Pada Jurusan Teater di ASRI Bandung dan IKJ Jakarta. Yokyakarta: UPT Perpustakaan ISI Yokyakarta.
Santosa, 2008, Seni Teater, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono, 2016.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabe
Setianingsih, Y. (2014). Peranan Olah Tubuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dalam Tari Pada Anak-Anak SMP Negeri 01 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 3 (1), 2252-6625.
Sanjaya, W. (2008). Kkurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suprihatiningrum, ,. j. (2017). Strategi Pembelajaran. Jokjakarta: Ar- Ruzz Media.
Trisnawati, Ega. 2017” Pembelajaran Tari Sedulang Setudung Dengan Mengunakan Metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 03 Banyuasin III. Skripsi. FISIP, Universitas PGRI, Palembang.
Trianto, 2013, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Bumi Aksara.
Uno, 2012, Perencanaan Pembelajaran,Jakarta, Bumi Aksara.
Wariatunnisa, 2010, Seni Teater, Jakarta, PT Sinergi Pustaka Indonesia.
Winna Sari,S, Dan Desfiami, Y. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tari Dengan Mengunakan Metode Tutor Sebaya Di SMP Negeri 4 Bukkitinggi E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negri Padang, 2 ( 1 ), 22-29.
Widyarto, R., Mudiasih, W. N., & Iriani, W. N. (2018). Pengembangan Metode Pembelajaran Olah Tubuh Melalui Variasi Metodik Dengan Memanfaatkan Media Fitnes Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik FSP ISI Denpasar. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Institut Seni Indonesia Denpasar, 6(1), 357.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v3i2.2240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)
P-ISSN: 2715-5404 | E-ISSN: 2715-5412Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License