Analisis Pertunjukan Randai Lakon Usui Merantau ke Moro Sanggar Gelora Muda Teluk Kuantan

Puput Rahmadanti, Herwanfakhrizal Herwanfakhrizal

Abstract


Randai Lakon Usui Merantau ke Moro merupakan teater tradisi berasal dari Teluk Kuantan Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Pertunjukan randai ini menampilkan cerita yang disajikan dalam bentuk kisahan (narasi) tahapan (dialog), Musik (instrumental dan vokal) serta tarian dan joget. Cerita-cerita yang dipertunjukkan mengangkat tema-tema, kontekstual yang berangkat dari realitas di padu dengan suasana ceria, gembira, dan suka cita. Penelitian ini dipusatkan menganalisis Struktur dan Tekstur Pertunjukan dengan Kerangka konsep Teoritis enam nilai dramatik yang dikembangkan George K Kernodle dan Portia Kernodle berupa, alur karakter tema dialog mood (rhythm), dan spektakel. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis.


Keywords


Randai; Kuantan; struktur dan tekstur

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. 2011. Penelitian Kualitatif. Kencana.

Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). Reinterpretasi Dramaturgi Lakon Kebun Ceri Karya Anton P Chekhov. Laga, 4(2), 149–162.

Gusrizal, Pramayoza, D., Afrizal, H., Saaduddin, & Suboh, R. (2021). From Poetry To Performance; A Text Analysis Of Nostalgia Sebuah Kota By Iswadi Pratama, A Review Of Post-Dramatic Dramaturgy (Dari Puisi Ke Pementasan; Teks Teater Nostalgia Sebuah Kota Karya Iswadi Pratama Dalam Tinjauan Dramaturgi Postdramatik). Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 303–321. https://doi.org/10.22202/jg.2021.v7i2.5008

Harymawan, RMA. 1998. Dramaturgi. CV. Rosdakarya.

Hasan, H., & Saaduddin, S. (2015). Fungsi Sandiwara Amal Di Masyarakat Desa Pulau Belimbing, Kec Bangkinang Barat, Kab Kampar Provinsi Riau. Ekspresi Seni, 17(1), 1–19. https://doi.org/10.26887/ekse.v17i1.25

Hendri JB. 2007. Tupai Jenjang Tutur Masyarakat Siulak Kerinci Jambi. Tesis Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa.

Kernodle, George R. 1961. The Invitation To The Theatre, Harcourct, Brace & World, New York.

Pramayoza, D. (2013). Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer dalam Masyarakat Poskolonial. Penerbit Ombak.

Pramayoza, D. (2016). Tonel: Teaterikalitas Pascakolonial Masyarakat Tansi Sawahlunto. Jurnal Kajian Seni, 1(2), 114–129. https://doi.org/10.22146/art.11636

Pramayoza, D. (2020). Diorama Kota Bahagia: Pandangpanjang dalam Esai. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Pramayoza, D., Simatupang, G. R. L. L., & Murgiyanto, S. (2018). Proses Dramaturgi Dari Teks Sastra Syair Lampung Karam Ke Teks Pertunjukan Teater Under the Volcano. Jurnal Kajian Seni, 4(2), 206–225. https://doi.org/10.22146/jksks.46448

Saaduddin, & Novalinda, S. (2017). Pertunjukan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh: Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 19(1), 39–57. https://doi.org/10.26887/ekse.v19i1.128

Saaduddin, S. (2016). Analisis Bentuk, Fungsi Dan Makna Pertunjukan Teater Tanah Ibu Sutradara Syuhendri. Ekspresi Seni, 18(1), 1–179. https://doi.org/10.26887/ekse.v18i1.83

http://repository.uin-suska.ac.id

http://library.uir.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v4i1.2527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License