Analisis Pemeranan Tokoh Nenek Dalam Pertunjukan Kereta Kencana Karya Eugene Ionesco Saduran WS Rendra Sutradara Efyuhardi
Abstract
The article entitled Analysis of the Role of "Tokoh Nenek" in the Kereta Kencana Performance by Eugene Ionesco Saduran Ws Rendra Director Efyuhardi uses a qualitative research method with a descriptive analysis approach, explaining and describing the analysis of the character "Nenek" in the Kereta Kencana show. The events of the performance in the Golden Train, more satirize the emptiness of polite conversation, mechanical pleasantries that are conveyed casually. In the Kereta Kencana show there are several characters including: Tokoh Kakek, tokoh Nenek, as well as imaginary figures presented with flowers (guest characters and child characters). This study aims to analyze the "Tokoh Nenek". The analysis process is divided into three parts of the analysis, namely; a) characterizations based on rational, b) characterizations based on orthology, c) based on structural.
Abstrak
Artikel berjudul Analisis Pemeranan “Tokoh Nenek” Dalam Pertunjukan Kereta Kencana Karya Eugene Ionesco Saduran Ws Rendra Sutradara Efyuhardi menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, menjelaskan serta menjabarkan anilisis tokoh “Nenek” dalam pertunjukan Kereta Kencana. Secara fisik dan kejiwaan tokoh “Nenek” menarik untuk dianalisis. Peristiwa pertunjukan dalam Kereta Kencana, lebih menyindir kehampaan percakapan yang sopan, percakapan basa-basi mekanis yang disampaikan sambil lalu saja. Dalam pertunjukan Kereta Kencana terdapat beberapa tokoh diantaranya: tokoh Kakek, tokoh Nenek, serta tokoh-tokoh imajinasi yang dihadirkan dengan bunga-bunga (tokoh tamu-tamu dan tokoh anak). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa “tokoh Nenek”. Proses Analisa di bagi menjadi tiga bagian analisis, yaitu ;a) penokohan berdasarkan rasional, b) penokohan berdasarkan ortologis, c) berdasarkan struktural.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). Reinterpretasi Dramaturgi Lakon Kebun Ceri Karya Anton P Chekhov. Laga, 4(2), 149–162. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/529/320
HAIKAL, M., SULAIMAN, S., & SAADUDDIN, S. (2021). Pemeranan Tokoh Comol dalam Naskah Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya dengan Metode Akting The System Stanislavsky. Creativity And Research Theatre Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.26887/cartj.v3i1.2136
Harymawan, R. (1993). Dramaturgi. Remaja Rosda Karya offset.
Julianto, R., Precillia, M., & Al, E. (2022). Teknik Alienasi dalam Pertunjukan “Setan Dalam Bahaya” di ISBI Bandung. Creativity And Research Theatre Journal, 4(2), 111–120. https://doi.org/10.26887/CARTJ.V4I2.3219
Mitter, Shomit, terjemahan Y. (2002). Stanislavsky, Brecht, Grotowsky, Brook : Sistem pelatihan Lakon. MSPI dan Arti Yogyakarta.
Pramayoza, D. (2021). Melihat Teks Lakon Sebagai Mitos: Analisis Drama Dengan Strukturalisme Levi-Strauss. Melayu Arts and Performance Journal, 4(2), 114. https://doi.org/10.26887/mapj.v4i2.978
Precilia, M., Juned, S., & Sahrul, N. (2021). Membangun Karakter Anak Melalui Teater. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 4(1). https://doi.org/10.36982/JSDB.V4I1.1394
Saaduddin, S. (2016). Analisis Bentuk, Fungsi Dan Makna Pertunjukan Teater Tanah Ibu Sutradara Syuhendri. Ekspresi Seni, 18(Nomor 1), 39–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v18i1.83
Sembung, F. W. (1986). Pengetahuan Teater. Proyek Pengembangan Institut Kesenian Indonesia Sub proyek Akademi Seni Tari Indonesia.
Sitorus, E. D. (2002). The Art of Acting; Seni peran untuk Teater, Film & TV. PT Gramedia Utama Pustaka.
Stanislavski, C. (1980). Persiapan Seorang Aktor, (An Actor Preaper, Ed. Asrul Sani). PT Dunia Pustaka Jaya.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif. ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Ek-sploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. ALFABETA.
Sumardjo, J. (1982). Apresiasi Sastra. Gramedia.
Tjeptjep Rohidi Rohendi. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Citra Prima Nusantara.
Waluyono, J. H. (2001). Drama Teori dan pengajarannya. Hanindita.
Yalesvita, Y., Eliza, M., & Saaduddin, S. (2020). Pelatihan Seni Peran (Akting) Teater Monolog Bagi Siswa-Siswi Dalam Mempersiapkan Kegiatan Fls2N. Batoboh, 5(2), 87. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1302
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v5i1.3769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)
P-ISSN: 2715-5404 | E-ISSN: 2715-5412Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License