PEMBELAJARAN DARING: DAMPAK SERTA UPAYA MENGATASINYA DALAM MATA PELAJARAN GAMBAR BENTUK

ANGELIE YOLANDA SIREGAR, ADEK CERAH KURNIA AZIS

Abstract


Abstrak

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online untuk menyampaikan materi ajar melalui media internet sebagai penghubungnya. SMA Dharma Pancasila Medan merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang melaksanakan kegiatan pembelajaran daring tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring serta upaya mengatasinya dalam mata pelajaran gambar bentuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Quota Sampling, dan keseluruhannya berjumlah 17 orang yang terdiri dari, 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru bidang studi seni budaya, dan 15 orang siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan. Data dalam hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Adanya pembelajaran daring yang prosesnya dapat dilaksanakan dengan fleksibel, terbukti sangat membantu dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar di rumah selama masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring akan berjalan dengan baik apabila segala faktor pendukungnya dapat dipenuhi. Namun, dikarenakan adanya kendala yang dapat timbul dari berbagai faktor, seseorang dituntut untuk memiliki inisiatif dalam mengatasi masalahnya sendiri. Upaya persiapan sebelum belajar perlu dipertimbangkan agar kegiatan saat pembelajaran daring nantinya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan

Abstract

Online learning is learning that is done online to deliver teaching materials through the internet as a liaison. SMA Dharma Pancasila Medan is one of the senior high schools that carry out these online learning activities. This study aims to determine the impact of online learning and efforts to overcome it in form drawing. This research uses the descriptive qualitative method. The sample in this study was taken using the Quota Sampling technique. A total of 17 people consisting of 1 principal, one teacher in cultural arts studies, and 15 students of class X SMA Dharma Pancasila Medan. The data in the research results were obtained by using interview and questionnaire techniques. The results of this study indicate that online learning has its advantages and disadvantages. The existence of online learning, whose process can be carried out flexibly, has proven to be very helpful in carrying out teaching and learning activities at home during the Covid-19 pandemic. Online learning will run well if all the supporting factors can be met. However, due to obstacles that can arise from various factors, a person must have the initiative to overcome his problems. Preparation efforts before learning need to be considered so that activities during online learning can later run as expected.



Keywords


Online Learning; Impact; Effort; Image Shapes

Full Text:

PDF

References


KEPUSTAKAAN

Acton, B., & Koum, J. (2009). WhatsApp. https://en.m.wikipedia.org/wiki/WhatsApp

Anggraini, R. A., & Djatmiko, A. A. (2019). Pemanfaatan Media Sosial ( Group Whatsapp ) dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa di Luar Jam Sekolah di SMK Negeri 2 Tulungagung. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 1–7.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97–102.

Dina, R. R. (2015). Makna dan Nilai Filosofis Masyarakat Palembang yang Terkandung Dalam Bentuk dan Arsitektur Rumah Limas. Jurnal Ekspresi Seni, 17(2), 275–282.

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning yang Efektif. https://www.researchgate.net/publication/340478043

Islam, F., & Zaini, I. (2017). Pembelajaran Gambar Bentuk Menggunakan Strategi Outdoor Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Wringinanom. Jurnal Seni Rupa, 5(2), 392–400.

Nareswari, F. D. (2020). Menggambar Bentuk Obyek Tiga Dimensi: Pengertian dan Jenisnya. https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/16/143000469/menggambar-bentuk-obyek-tiga-dimensi--pengertian-dan-jenisnya?page=all#page2

Novandhi, N. K., & Yanuartuti, S. (2020). Bentuk Musik dan Makna Lagu Garuda Pancasila. Jurnal Ekspresi Seni, 22(2), 113–123.

Page, L., & Brin, S. (2014). Google Classroom. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Google_Classroom

Pranita, E. (2020). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. https://amp.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumukan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari

Putri, D. (2020). Apa Itu Daring dan Apa Bedanya dengan Luring? Ini Penjelasannya. https://www.google.com/amp/s/kids.grid.id/amp/472402168/apa-itu-daring-dan-apa-bedanya-dengan-luring-ini-penjelasannya?espv=1

Rikarno, R. (2015). Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa. Jurnal Ekspresi Seni, 17(1), 129–149.

Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura - Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118.

Rozi. (2015). Pengertian Gambar Bentuk. https://www.rozisenirupa.com/2015/07/pengertian-gambar-bentuk.html?m=1

Saaduddin. (2016). Analisis Bentuk, Fungsi, dan Makna Pertunjukan Teater Tanah Ibu Sutradara Syuhendri. Jurnal Ekspresi Seni, 18(1), 39–61.

Siregar, N. H., Azis, A. C. K., Mesra, & Mirwa, T. (2020). Analisis Gambar Bentuk Bunga Anggrek Dengan Teknik Pointilis Berwarna di SMP Al-Fityan School Medan. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 94–99.

Sugito, & Harahap, S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuan, E. (2011). Zoom Video Communications. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Zoom_Video_Communications




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International