PERKEMBANGAN TALEMPONG TRADISI MINANGKABAU KE “TALEMPONG GOYANG” DI SUMATERA BARAT

Alfalah Alfalah

Abstract


Minangkabau diantara wilayah geografis kebudayaan Indonesia lainnya, memiliki aneka jenis dan bentuk klasifikasi alat-alat musik pukul/perkusi. TalempongGoyang [contoh terkini], sekarang berkembang pesat. Secara historis keberadaan-“nya” berangkat dari “Talempong Tradisional”; kemudian dimodifikasi “komponis Minang” antara lain Alfalah dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Dalam hal seni pertunjukan alat-alat musik pukul beberapa suku-bangsa/etnis dimainkan bersamaan dalam upacara/ritual adat dan agama melalui sentuhan teknologi elektronik. 


Keywords


Minangkabau; Talempong Goyang; historis; modifikasi;

Full Text:

PDF

References


Hanefi, et. al. 2004. Talempong Minangkabau Bahan Ajar Musik dan Tari. Bandung: P4STUPIU.

Mack, Dieter. 1994. Sejarah Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Navis, A. A. 1984. Alam Terkembang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Grafiti Pers.

Fitri, Suci. 2007. “Talempong Goyang Fenomena Musik Bercitarasa Populer di Minangkabau”. Skripsi Sarjana, Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padangpanjang.

Nursyirwan. 2011. “Varian Teknik Penalaan Talempong Logam di Minangkabau”. Disertasi untuk Memperoleh Derajat Doktor pada Program Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Yogyakarta: UGM Yogyakarta.

Nursyirwan 2006. “Perkembangan Talempong di Minangkabau dari Tradisi ke Modernisasi di Era Globalisasi”. Jurnal Ekspresi: Jurnal Penelitian dan Penciptaan Seni. Volume 6, Nomor 23, Oktober 2006. Yogyakarta: Intitut Seni Indonesia Yogyakarta.

Nursyirwan .2005. “Talempong Batu Alami di Talang Anau: Perspektif Teks dan Konteks”. Tesis untuk Memperoleh Derajat Magister Seni pada Program Pengkajian Seni Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Yogyakarta: ISI Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v15i1.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International