Designing An Exhibition Booth For Gift Products From Local Smes In North Sumatra

Ivo Ramadhani, Arwina Putri Harahap, Siti Indah Lestari, Sri Wahyuni Panjaitan

Abstract


Pengenalan produk lokal khas Sumatera Utara dilakukan sebagai upaya meningkatkan brand image setiap daerah untuk lebih diketahui oleh masyarakat setempat maupun wisatawan pendatang dari luar Provinsi. Senjata strategi pemasaran yang dilakukan adalah berupa mengikuti atau mengadakan pameran untuk setiap event kebudayaan dan nasional, karena sangat berpeluang mendatangkan pengunjung lebih banyak sehingga misi dan tujuan promosi yang diharapkan meningkat ketercapaiannya. Seiring perkembangan zaman, desain suatu booth pameran ikut andil berperan penting dalam menentukan indikator keberhasilan sebuah pameran sebagai daya tarik untuk dikunjungi berdasarkan dari rasa penasaran dan kekaguman pengunjung terhadap Booth pameran. Perancangan Exhibition Booth menerapkan konsep melalui tata pajang, tata letak, estetika, dan warna yang mewakili cerminan dari suku budaya Sumatera Utara serta suasana desain yang unik dan bernilai. Ukuran desain Booth mengikuti standar pameran untuk mengurangi space-consuming dan efektif dalam meletakkan produk. Material bahan utama pembuatan booth menggunakan Plywood dengan kualitas tidak mudah rusak, ringan dan mudah untuk dibentuk.


Keywords


Local products; Exhibition; Exhibition booth; Exhibition design; Brand image

Full Text:

PDF

References


Angelica R. H, Natashia & dkk (2017). Perancangan Exhibition Booth Untuk Wedding. Intra. 5 (2), 712-721

Ernanda, Cut Nora & dkk (2019). Perancangan Aceh Exhibition Center dengan Pendekatan Konsep Ikonik Tema Cultural Symbol. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Dan Perencanaan. 3(3),28-33

Glenaldo, Calvin & dkk (2022). Perancangan Booth Pada Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (Giias) Sebagai Brand Image Pt Nissan Motor Indonesia. Jurnal Seni & Reka Rancang. 4 (2), 153-170

Iskandar , Ferdinant Yansen & dkk (2017), Perancangan Desain Booth Pameran “Citi-9, Indonesia Paviliun, Chevrolet” Di Gresik Dan Jakarta. Kreasi. 2(2),37-62

Liem, Michael Yohanes & dkk (2018). Perancangan Booth Pameran Volvo Untuk Event Giias 2017, Ufo Elektronika Di Atrium Tp 3, Dan Darmo HillApartments Di Ciputra World, Kreasi, 3 (2),161-192

Mandasari, Dewi Jayanti & dkk (2019) Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. 13(1) 123-128

Rusjd, M. Hanif & dkk (2012). Solo Exhibition And Convention Center. Imaji 1 (3), 505-514




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v26i1.4107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International