Pelatihan Pembuatan Label Produk Ikan Bilih Sebagai Strategi Pemasaran Kuliner Etnik Minang Di Jorong Kampung Tangah Kabupaten Solok

Khairunnisa Khairunnisa, Septriani Septriani, Nitasri Murawaty Girsang, Edi Satria, Vicia Dwi Prakarti DB

Abstract


Ikan Bilih adalah salah satu endemik Danau Singkarak yang banyak diolah dan dijual oleh masyarakat setempat, seperti yang dilakukan oleh kelompok ibu rumah tangga dalam paguyuban Bundo Kanduang di Jorong Kampung Tangah. Ada berbagai macam olahan Ikan Bilih yang dijual, yaitu Bilih goreng, Bilih rebus dan Bilih Kering. Pada tahun 2024 kelompok ibu rumah tangga ini meluncurkan produk baru yang diinovasikan dengan kuliner khas etnis Minang, yaitu Rendang Bilih dan Bilih Lado Hijau. Inovasi produk ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan juga sebagai bentuk revitalisasi kuliner etnik Minang. Namun permasalahannya mereka belum mempunyai label penjualan. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan label kepada kelompok ibu rumah tangga yang mengolah Ikan Bilih di Jorong Kampung Tangah. Label sangat penting karena didalamnya terdapat informasi yang berguna untuk konsumen, seperti komposisi bahan, tanggal kadaluarsa, ijin BPOM dan sertifikat halal. Pelatihan ini menggandeng mitra kelompok ibu rumah tangga pengolah Ikan Bilih di Jorong Kampung Tangah. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi dan praktik pelatihan secara langsung. Hasilnya saat ini kelompok ibu rumah tangga di Jorong Kampung Tangah sudah mempunyai label sendiri dengan tagline BKT (Bilih Kampung Tangah). Selain informatif, label ini juga menunjukan kekhasan Bilih Kampung Tangah

Keywords


label; pemasaran; ikan bili; kuliner etnik

Full Text:

PDF

References


Afrizun, Afrizun, Erwan Sastrawan, and Setiawan Mandala Putra. 2023. “Peran Labeling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Keripik Kelapa UMKM Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi.” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) 5(4):856–63. doi:10.36312/sasambo.v5i4.1508.

Artaya, I. Putu, R. Agus Baktiono, and Made Kamisutara. 2021. “Pelatihan Proses Labelisasi Kemasan Produk Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Candi Sidoarjo.” Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):97–105. doi:10.25008/altifani.v1i2.135.

Fitriani, Erda, Siti Fatimah, Desy Mardiah, Selinaswati Selinaswati, Muhammad Hidayat, and Lia Amelia. 2020. “Pengemasan (Packaging) Rakik Bada Lado Hijau Upaya Peningkatan Pemasaran Dan Pelestarian Kuliner Minangkabau.” Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(2):130–35. doi:10.24036/abdi.v2i2.59.

Gunarto, Anton. 2018. “PELESTARIAN IKAN BILIH (Mystacoleucus Padangensis) MELALUI PENGEMBANGAN AGROWISATA PERIKANAN DI DANAU SINGKARAK SUMATERA BARAT.”

Jannah, Raudatul, Dassucik Dassucik, Susi Radila, Shinta Nur Maulidah, and Arya Lenza Lambang R. 2024. “PELATIHAN DESAIN KEMASAN DAN LABEL MENGGUNAKAN MEDIA CANVA SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM DI DESA TREBUNGAN SITUBONDO.” MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian 3(2):180. doi:10.36841/mimbarintegritas.v3i2.4817.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Pearson Education Limited.

Nuraeni, Ani, Dwi Yuni Hastati, Faranita Ratih L, and Wien Kuntari. 2022. “PENERAPAN KEMASAN DAN LABEL UNTUK PRODUK OLAHAN SINGKONG DI KELOMPOK TANI BAROKAH.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):178–83. doi:10.31004/cdj.v3i1.3647.

Nurliza, Nurliza. 2023. “PELATIHAN PEMILIHAN DAN LABEL KEMASAN PADA PRODUK TERASI UDANG REBON KELOMPOK WANITA NELAYAN.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):1257–65. doi:10.46576/rjpkm.v4i2.3262.

Pernyata, Ramadhan S., Dita Andansari, Royke Vincentius Febriyana, and Rony H. 2021. “A Design Training on Packaging and Labeling of Shredded Toman Fish and Honey in Tahura Lati Petangis, Paser Regency.” Community Empowerment 6(10):1929–36. doi:10.31603/ce.6155.

Prahara, Gema Ari, Iman Sumargono, Syarip Hidayat, Wulan Diah Kumala, and Naufal Ali Radhitya. 2023. “PENGUATAN NILAI KEMASAN UMKM MELALUI PERANCANGA DESAIN LABEL PRODUK FOOD AND BEVERAGE PADA UMKM DAPUR KEFOO).” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 6:1–8. doi:10.37695/pkmcsr.v6i0.1909.

Septriani, Septriani, Khairunnisa Khairunnisa, and Emzia Fajri. 2024. “Pelatihan Inovasi Produk Ikan Bilih Berbasis Kuliner Etnik Minang Di Jorong Kampung Tangah Kabupaten Solok.” Jurnal Abdidas 5(5):598–608.

Septriani, Septriani, Khariunnisa Khariunnisa, and Emzia Fajri. 2024. Inovasi Produk Kuliner Etnik Dan Pemasaran Digital Ikan Bilih Jorong Kampung Tangah. CV. Gita Lentera.

Wayan Ayu Diana Lestari, Jurana Jurana, and Nur Riski Islianty. 2023. “Peranan Merek (Labeling) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Instan Jahe UMKM Desa Enu Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.” Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi 1(2):53–58. doi:10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.63.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v10i1.3801

This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com : batoboh@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Nitasri Murawaty Girsang, S.Pd., M.Si | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseNitasri Murawaty Girsang, S.Pd., M.Si