Ekspresi Plak Pleng Pada Interior Ruang Tamu: Penciptaan Kriya dengan Pendekatan Eksplorasi Atas Ornamen Kerajaan Lamuri

M. Iqbal Saputra, Asril Asril

Abstract


Plak Pleng is one type of tombstone found at the Lamuri Kingdom site in Lamreh Village, Mesjid Raya District, Aceh Besar. Plak Pleng  in the form of square prisms have ornaments consisting of geometric motifs and lotus flowers which are very unique and interesting to be developed and used as a source for creating interior works on elements of the living room. The creation of this work uses the theory of form, function, and aesthetics. The process of creating this work goes through three stages, namely exploration, design, and embodiment. Exploration of work about the source of the idea of creation, namely about Plak Pleng ornaments and elements of the living room. Drafting of sketches and designs. The embodiment stage is to turn the design into a work. The main material used is Surian wood with a melamine finish. The techniques used are construction techniques, carving, lathe, filigree and coloring with air brush and spray gun techniques. The number of works is seven pieces, namely a table, a single seat sofa, a single seat sofa without a backrest, a three seater sofa, a flower vase, a wall lamp, and a wall clock.

Keywords: Plak Pleng; interiors; living room; ornament; Lamuri Kingdom


Abstrak

Plak pleng merupakan salah satu jenis batu nisan yang terdapat di situs Kerajaan Lamuri berada di Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Plak pleng berbentuk prisma persegi memiliki ornamen terdiri dari motif geometris dan bunga teratai yang sangat unik dan menarik untuk dikembangkan dan dijadikan sumber penciptaan karya interior pada elemen ruang tamu. Penciptaan karya ini menggunakan teori bentuk, fungsi, dan estetika. Proses penciptaan karya ini melalui tiga tahapan yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Eksplorasi pencaharian tentang sumber ide penciptaan yaitu tentang ornamen Plak Pleng dan elemen ruang tamu. Perancangan pembuatan sketsa dan desain. Tahap perwujudan yaitu mewujudkan desain menjadi karya. Bahan utama yang digunakan adalah kayu surian dengan finishing melamine. Teknik yang digunakan adalah teknik konstruksi, ukir, bubut, kerawang dan pewarnaan dengan teknik air brush dan spray gun. Jumlah karya sebanyak tujuh buah yaitu meja, sofa single seat, sofa single seat tanpa sandaran, sofa three seater, vas bunga, lampu dinding, dan jam dinding.

Kata KunciPlak Pleng; interior; ruang tamu; ornamen; Kerajaan Lamuri


Keywords


Plak Pleng; interiors; living room; ornament; Lamuri Kingdom

Full Text:

PDF

References


Al-Syafani, M. Z. (2021). Akulturasi Estetik Bungong Hias Dalam Masjid Baiturrahman Kota Banda Aceh. Melayu Arts and Perfomance Journal, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.26887/mapj.v4i1.1382

Azizi, T. (2018). Struktur dan Perkembangan Motif Pinto Aceh. Melayu Arts and Perfomance Journal, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.26887/mapj.v1i1.634

Fadhlan. (2015). Expresi Ragam Tanda Budaya Pada Batee Jeurat Plak Peng di Situs Kerajaan Lamuri. UNS Surakarta.

Ferawati. (2013). Motif Kerawang Gayo Pada Busana Adat pengentin di Aceh tengah. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 15(1), 29–39. https://doi.org/10.26887/ekse.v15i1.167

Guntur. (2003). Ornamen Sebuah Pengantar. P2AI dan STSI Press Surakarta

Gustami, S. P. (2007). Butir-Butir Mutiara Estetika Timur. Prasista.

Kartika, D. S., Perwira, N. G. (2004). Pengantar Estetika. Rekayasa Sains.

Kartika, D. S. (2007). Kritik Seni. Rekayasa Sains.

Marizar, E. S. (2015). Designing Furniture. Media Pressindo.

Mansyah, K., Sulaiman, & Nursyirwan. (2020). Seni Kaligrafi Arab Dalam Ekspresi Pinto Aceh. Melayu Arts and Performance Journal, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.26887/mapj.v3i1.1341

Panjaitan, S. W., Ramadhani, I., & Pramayoza, D. (2021). Analisis Semiotika Arsitektur Bangunan Pelabuhan Teluk Nibung Sebagai Wujud Identitas Tanjung Balai Kota Kerang. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 23(1), 96–103. https://doi.org/10.26887/ekspresi.v23i1.1618

Rahmayanis, Akmal, A., & Zam, R. (2016). Estetika Ornamen Masjid Jami’ Air Tiris Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.26887/bcdk.v3i2.549

Rosaguna, R. I., Syai, A., & Lindawati. (2016). Bentuk dan Motif Nisan Plak-Plieng Kerajaan Lamuri Aceh. Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik, 1(1), 64–72.

Soedarso. (2006). Trilogi Seni. BP ISI Yogyakarta.

Wulandari Z., W. (2021). Simbol Kasab Sebagai Gagasan Penciptaan Karya Tirai Kaligrafi. Melayu Arts and Performance Journal, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26887/mapj.v4i1.1354

Yuzaili, N. (2018). Hiasan Dan Kaligrafi Makam Shadrul Akabir Abdullaj di Kabupaten Aceh Utara. Melayu Arts and Perfomance Journal, 1(2), 230–245. https://doi.org/10.26887/mapj.v1i2.644




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v5i2.2491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum 
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.