Analisis Struktur dan Bentuk Lagu Amintaza Dalam Pertunjukan Zikir Berdah Group Sako Batuah Kelurahan Jambi Kecil Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi

Sonia Agustari, Wilma Sriwulan

Abstract


Zikir berdah adalah kesenian yang berasal dari Kabupaten Muaro Jambi. Syair zikir berdah diambil dari dalam Kitab Al-Barzanji. Adapun syair zikir berdah ini di antaranya: Amintaza, Manlibiro, Muhammadun dan lain-lain. zikir berdah berasal dari dua kata zikir yang berarti “mengingat” suatu perbuatan yang dilakukan umat Islam kepada Allah SWT dan kepada Nabi Muhammad Saw secara berulang-ulang. Berdah berasal dari kata “Burdah” yang berarti benda Kain “Jubah”. zikir berdah dimainkan oleh 8 orang laki-laki berusia 35 hingga 65 tahun. Alat Musik pengiring zikir berdah ialah rebano berdah dan tetawak an (gong). Penelitian ini bertujuan untuk “Menganalisis Struktur dan Bentuk lagu Amintaza pada pertunjukan zikir berdah oleh Grup Sako Batuah dari Kelurahan Jambi Kecil Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menggunakan teori Sedyawati tentang seni pertunjukan dan teori Leon Stein tentang struktur dan bentuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, menggunakan metode Kualitatif yang bersifat Deskriptif. Hasil penelitian ini diketahuilah bahwa penyajian pertunjukan zikir berdah ini mempunyai tata cara sebelum, sesaat, dan sesudah pertunjukkan. Untuk satu lagu yang ditampilkan mempunyai durasi pertunjukan selama 20 menit. Lagu Amintaza ini mempunyai struktur musik berupa motif, tema, frase dan lain sebagainya. Bentuk lagu Amintaza yaitu bentuk lagu dengan dua tema A dan tema B, dengan tiga kali perubahan angkatan.  

 


Keywords


Zikir Berdah; Sako Batuah; Amintaza

Full Text:

PDF

References


Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisus.

Depdikbud. 2003. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Jamalus. 1988. Buku Pengajaran Musik Panduan Pengajar. Jakarta: Dep. P. K

Indrawan, Andre. 2011. Struktur dan Gaya Studi dan Analisis Bentuk-Bentuk Musik Edisi Perluasan. Yogyakarta: UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Kayam, Umar. 1981. Seni Tradisi Masyarakat. Jakarta: PT Jaya Pirusa.

Malm. 1996. Music Cultures of the Pacific. Michigan: Pretice Hall

Moleog

Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2008. Metode penelitian Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Sedyawati, Edi. 1992. Kajian Arkeologi, Seni Dan Sejarah. Jakarta: Rajawali Pers

Tumbijo. 1977. Minang Kabau Dalam Seputar Seni Tradisional. Padang: Diktat SMSR N.

Sumber dari Internet:

Ustadz Sunnatullah,13 Agustus 2021, kokop,Bangkalan.Islam.nu.or.id/shalawat- wirid/qasidah-burdah-penulis-keutamaan-dan-cara-bacanya-AmKkp. Diakses pada, hari Senin, tanggal 20 Juni 2022, pukul 10.54 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Muaro_Jambi, diakses pada hari Sabtu 21 Juli 2022, pukul 23.07 WIB.

https://kbbi.web.id/zikir, diakses pada tanggal 28 Juni 2022, pukul 12.30 WIB.

https://kbbi.lektur.id/burdah, diakses pada tanggal 5 Juni 2022, pukul 11.00 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v6i2.3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum 
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.