MAKNA DAN FUNGSI TARI KAIN DALAM UPACARA BEGAWAI DI INDERAGIRI HULU, RIAU

Sri Raudah Basya, Erlinda Erlinda, Ediwar Ediwar

Abstract


ABSTRAK
Tari Kain merupakan tari tradisional yang terdapat pada masyarakat Talang Mamak di desa Talang Jerinjing Kabupaten Inderagiri Hulu Provinsi Riau, yang ditarikan oleh dua orang laki-laki. Tari ini merupakan tari yang dilakukan pada upacara Begawai masyarakat Talang Mamak Upacara Begawai adalah upacara perkawinan. Tari Kain berasal dari gerak yang berasal dari fenomena dan kejadian alam kemudian dibentuk menjadi sebuah gerak baku yang tidak boleh dirubah ataupun diganti di dalam upacara Begawai tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk tari Kain dalam upacara Begawai. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan untuk membedah fenomena tari Kain ini adalah teori struktural dari Levi Strauss, teori semiotik Roland barthes.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa tari Kain merupakan tari untuk pengesahan perkawinan bagi masyarakat Talang Mamak, seandainya pada upacara perkawinan tidak dilaksanakan tari Kain maka perkawinan dianggap tidak sah secara adat. Dalam gerak-gerak tari Kain mengandung simbol-simbol dan makna-makna tertentu yang terkait dengan kepercayaan masyarakat Talang Mamak. Dengan demikian penelitian ini diberi judul Makna tari kain dalam upacara Begawai pada masyarakat Talang Jerinjing kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inderagiri Hulu Provinsi Riau.


Kata kunci: Tari Kain, Upacara Begawai, Makna, dan Inderagiri Hulu.

 

ABSTRACT
Kain dance is a traditional dance that is present in the community in the village Talang Talang Mamak Jerinjing Inderagiri Hulu district of Riau province , which is danced by two men . This dance is a ritual dance performed in public Begawai Talang Mamak Begawai ceremony is the marriage ceremony . Cain dance derived from the motion derived from natural phenomena and events then formed into a raw motion should not be changed or replaced in the Begawai ceremony . The purpose of this study was to determine how the dance form fabrics in Begawai ceremony . The method used is qualitative method . The theory is used to dissect this phenomenon Kain dance is a structural theory of Levi Strauss , Roland Barthes' semiotic theory .
The findings from this study is that Cain dance is a dance for the public endorsement for the Talang Mamak marriage , if the marriage ceremony was not held dance Cain then marriage is considered invalid by custom . In the dance movements of fabrics containing symbols and meanings associated with a particular public trust Talang Mamak . This study therefore entitled Meanings dance fabric Begawai ceremony at the sub-district community Jerinjing Gutter West Rengat Inderagiri Hulu Regency Riau Province .

 

Keywords: Dance Fabrics, Begawai ceremony, Meaning, and Inderagiri Hulu.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A.A.M. Djelantik. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: MSPI.

A.M. Hermin Kusmayati, 1964 “Makna Tari Dalam Upacara di Indonesia”. Yogyakarta:Institut Seni Indonesia

August Comte, 1798 Cours De Philosphie Positive, Montpellier.B.M.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Inderagiri Hulu 2010.

Bakar Sulaiman, Abu. (1982). Struktur Bahasa Talang Mamak, Pekanbaru : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

BM. Syamsuddin, 1982 Perak Makyong Khasanah Budaya Warisan Bangsa. Jakarta: Balai Pustaka.

Culler, Jonathan. 2002. Barthes, Seri Pengantar Singkat (terjemahan Ruslani). Yogyakarta: Jendela.

Darmawi, Ahmad. (1999) Upacara Pengobatan Tradisional Bulian Suku Talang Mamak Indragiri Hulu-Riau. Pekanbaru: Dinas Kebudayaan, Kesenian Dan Pariwisata Provinsi Riau.

Doris Humprey. 1983. Seni Menata Tari. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Dwi Pratiwi (2009) “ Tari Kain di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inderagiri Hulu”. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Dyastriningrum. 2009.Antropologi. Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamidy, UU.(2006). Jagat Melayu Dalam Lintasan Budaya Di Riau. Pekanbaru : Bilik Lreati Press.

Harimawan. 1988. The Dance Of Mind .Bandung: CV. Rosda.

I Wayan Senen. 1983. Pengantar Musik Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Jacqueline Smith, 2002 Komposisi Tari Petunjuk Praktis Bagi Guru. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v2i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@gmail.com | bercadik@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.