Interpretasi Solis Gitar dalam Pertunjukan Repertoar Asturias, Joget Hitam Manis, dan Tears of an Angel

Reksi Mustika, Supriando Supriando, Murniati Murniati

Abstract


Pertunjukan solis gitar ini menggabungkan tiga repertoar dari era dan genre yang berbeda, yaitu "Asturias" karya Isaac Albéniz, "Joget Hitam Manis," dan "Tears of an Angel" karya Marty Friedman. Masing-masing repertoar dipilih untuk menggambarkan beragam teknik dan gaya permainan gitar, mulai dari klasik hingga rock instrumental. "Asturias" disajikan dalam format solo gitar dengan menonjolkan teknik arpeggio, rasgueado, dan harmonized yang khas dari musik flamenco Spanyol. Repertoar kedua, "Joget Hitam Manis," adalah lagu Melayu yang diaransemen ulang dengan nuansa jazz, dimainkan dalam format combo band yang menonjolkan teknik slide dan harmoni jazz. Repertoar terakhir, "Tears of an Angel," menampilkan teknik permainan gitar elektrik seperti arpeggio, bending, dan speed picking, yang semuanya menuntut keterampilan teknis dan interpretasi yang tinggi. Melalui pertunjukan ini, solis berusaha untuk menyampaikan nuansa emosional yang berbeda dari setiap repertoar. Hasilnya adalah pertunjukan yang tidak hanya teknis tetapi juga ekspresif, memberikan pengalaman musikal yang mendalam bagi audiens.


Keywords


Pertunjukan Gitar; Interpretasi; Teknik Gitar; Repertoar Musik; Solis Gitar.

Full Text:

PDF

References


Andrianto, Ayubputri Siaoni. (2021). “Tekhnik Dan Interpretasi Permainan Biola Pada Sonata For Piano And Violin No.21 In E Mayor KV. 304 2nd Movement Karya W.A. Mozart”. Jurnal; Issn: 2746-1718, Vol. 2 No.1. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Bagus Prakosa, Mardian, Afif Ramadan, Glen. 2020. Analisis, Teknik, dan Interpretasi Musik pada Fantasia Dramatique Op. 31 Karya Napoleon Coste. Grenek: Jurnal Seni Musik, 9 (2, 71-83).

Bahari, N. 2008. Kriktik Seni. Jakarta : Pustaka Pelajar

Dinata, Anggra. 2017. Repertoar Canticum, Concerto De Aranjuez, Zapin Ya Salam, Asturias Dalam Pertunjukan Solo Gitar. Skripsi. Program Studi Seni Musik. Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Erzha, Ervan. 2014. Trik Instant Jago Main Biola Secara Otodidak Untuk Pemula. Pekanbaru :Sealova Media

Firdaus, Ilham. (2017). “Analisis Tekhnik Permainan Guitar Kalsk Mission Impossible Aransemen Jubing Kristianto”. Skripsi: Fakultas Ilmu Seni Dan Sastra. Universitas Pasundan. Bandung.

Iqbal, Ilhamul. 2021. “Pertunjukan Solis GitarDenganRepertoar Suite Op 19 KoyunbabaKarya Carlo Domeniconi Dan JogetHitamManis”. Skripsi. Program Studi Musik. Institute Seni Indonesia

Krenz, Steve. (2010). “Learn And Master Guitar”; Lesson Book. Legacy Learning System. Nastville.

Marya Margareta, Rezyky. 2016. ”Analisis Transkipsi Gitar Klasik Andres Segovia Dari Asutrias Karya Isaac Albenizz”. Jurnal. Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institute Seni Indonesia Yogyakarta

Murgiyanto, Sal. 2017. KritikPertunjukan Dan Pengalaman Keindahan. Yogyakarta :Senrepita

Pangabean, Micheal Sugianto. (2021). “Analisis Komparatif Pembelajaran Gitar Klasik; Metode Trinity College London Dan Metode Yamaha”. Jurnal; Seni Musik FBS Universitas Negeri Medan. Medan.

Pramana Putra, Handika. 2017. “Pertunjukan Solis GitarKlasikDalamRepertoar Concerto In C Mayor RV 425, Asturias, Dan ZapinYa Salam”. Skripsi. Program Studi Musik. Institut Seni Indonesia

Santos, Marcos. (2018). Rodolphe Kreutzer 42 Etude’s: Bridging The Gap Between Classical And Romantic Violin Repertoire. Thesis; The University Of Alabama. Alabama.

Scott, Derek B. 2009. The Ashgate Research Companion to Popular Musicology. Ashgate Publishing Company : Burlington

Setyawati, Edi. 2002. Seni pertunjukan. Jakarta : Jayakarta Agung Offset

Simon, C Peter. (2018). “Classical Guitar, Syllabus 2018”. The Royal Cocervatory. Toronto, Kanada.

Supriando. 2019. Praktek Individual Instrumen Gitar Tingkat Pemula. Yogyakarta : Gre Publishing.

Supriando. 2021. 120 Arpeggio Op. 1 Mauro Giuliani: Pengaruhnya Terhadap Kualitas Petikan Gitar Klasik. Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni.

Yulika, Febri., Dkk. (2021). Pedoman Tugas Akhir Fakultas Seni Pertunjukan. FSP; ISI Padangpanjang. Padangpanjang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v7i1.4767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum 
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.