Eksistensi Sanggar Harapan Jaya dalam Melestarikan Teater Tradisional Abdulmuluk

HASAN HASAN

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data di lapangan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis secara deksriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana eksistensi Sanggar Harapan Jaya dalam melestarikan teater tradisional di Abdulmuluk atau juga dikenal sebagai Dulmuluk. Hasil penelitian ini menemukan bahwa peran dari Sanggar Harapan Jaya terhadap kehidupan teater tradisional tersebut memiliki gaya tersendiri dengan memberi sentuhan pada bentuk hari ini agar dapat dinikmati oleh masyarakat.


Keywords


Eksistensi; Harapan Jaya; Pelestarian Abdulmuluk

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Diterbitkan oleh Rineka Cipta Jakarta.

Al-Lintani. Cetakan I. 2014. Sejarah dan Pengadeganan Dulmuluk. Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kota Palembang Bidang Kebudayaan. Dewan Kesenian Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Gulo, W. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Hasan, 2010. Bahan Ajar Kuliah Dramaturgi. FKIP Universitas PGRI Palembang J. Moleong, Lexi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Saputra Hendri, 2012. Bahan Ajar Mata Kuliah Teater Daerah Setempat Sumatera

Selatan. FKIP Universitas PGRI Palembang

Skripsi Rizky Destia Putri. 2013. Struktur Pertunjukan Teater Tradisional Dulmuluk Pada Sanggar Seni Harapan Jaya Kota Palembang. FKIP Universitas PGRI Palembang

Skripsi Yesi Oktarina. 2014. Bentuk Pertunjukan Teater Tradisional Bangsawan Oleh sanggar harapan jaya Palembang. FKIP Universitas PGRI Palembang

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Diterbitkan oleh Alfabeta, Bandung.

Supriyadi, 2013.Teori dan Apresiasi Drama/Teater. Maheda Utama Jaya

Yudiaryani, 2002. Panggung Teater Dunia Perkembangan dan Perubahan Konvensi.

Diterbitkan oleh Pustaka Gondho Suli Jogjakarta.

http: //id. Wikipedia. org/ wiki /. Pengertian Sanggar seni. Diakses 1 januari 2015.

Subjek Penelitian

Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah :

Sanggar Harapan Jaya Palembang, yang beralamatkan di Jalan KH. Azhari. Lorong.

Pratumusi No.545. Kelurahan. Seberang Ulu II. Kecamatan. 14 Ulu. Plaju. Palembang.

Pendiri Sanggar : Jonhar Saad

Tokoh seni dan Budaya Palembang dan akademisi seni teater yang penulis anggap dapat mewakili kebutuhan penelitian ini diantaranya.

Bapak Vebri Al Lintani/ Vebri Irwansyah sebagai tokoh Seni dan Budaya Palembang yang mewakili masyarakat.

Bapak Hasan, S. Sn, M. Sn, selaku akademisi teater.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v2i1.1371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License