Teknik Alienasi dalam Pertunjukan “Setan Dalam Bahaya” di ISBI Bandung

Reza Julianto, Jaeni Jaeni, Monita Precillia, Husin Husin

Abstract


Alienasi adalah usaha untuk menggambarkan sebuah peristiwa ke dalam bentuk baru yang bertujuan untuk mencegah penonton menjadi katarsis. Alienasi merupakan salah satu teknik atau metode dalam mazhab teater yang diusung oleh Bertolt Brecht. Alienasi sendiri merupakan transisi dari menjadi ke tidak menjadi. Hal ini dilakukan oleh aktor-aktor yang memainkan naskah “setan dalam bahaya” dalam pertunjukan Tugas Akhir ISBI Bandung tahun 2022. Alienasi sangat terlihat oleh aktor yang memainkan peran sebagai Setan dan Alienasi sangat terlihat ketika tokoh dalam naskah “Setan Dalam Bahaya” interaksi dengan penonton dan antar tokoh itu berbeda. Efek keterasingan bekerja untuk menciptakan ruang kosong di antara penonton dengan tontonannya. Efek keterasingan tidak hanya ditunjukkan dalam keaktoran saja, tetapi keseluruhan pertunjukan, setting, ruang dan lighting menggambarkan keterasingan.  Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses alienasi antar tokoh dan interaksi antara tokoh dengan penonton itu terjadi. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancarara kepada aktor dan sutradara

Keywords


Alienasi; Setan Dalam Bahaya; Tokoh; keterasingan

Full Text:

PDF

References


Brecht, B. (1969). Schriften zum Theater. Suhrkamp Verlag.

Eka D Sitorus, E. D. (2003). The Art Of Acting “Seni Peran untuk Teater, Film dan TV.” PT Gramedia Pustaka.

Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). Reinterpretasi Dramaturgi Lakon Kebun Ceri Karya Anton P Chekhov. Laga, 4(2), 149–162. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/529/320

Hidayat, Y. K., & Andrianto. (2020). Tata Cahaya Pertunjukan. Sunan Ambu Press.

Kernoddle, G. R. (1967). Invitation to the Theatre. Harcourt, Brace & World, Inc.

Novianto, W. (2019). Ramaturgi Teater Realisme Siasat Dramatik Dan Artistik Mencipta Ilusi Realitas. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 10(2), 191–202. https://doi.org/10.33153/acy.v10i2.2282

Pramayoza, D. (2013a). Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer dalam Masyarakat Poskolonial. penerbit ombak.

Pramayoza, D. (2013b). Pementasan Teater Sebagai Suatu Sistem Penandaan. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 8(2), 230–247. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v8i2.1105

Pramayoza, D. (2021). Melihat Teks Lakon Sebagai Mitos: Analisis Drama Dengan Strukturalisme Levi-Strauss. Melayu Arts and Performance Journal, 4(2), 114. https://doi.org/10.26887/mapj.v4i2.978

Pramayoza, D. (2022). The Aesthetics of Eternal Paradox: Endless Dialogue Between Islamic and Minangkabau Thought in Wisran Hadi’s Dramaturgy. Cogito: Multidisciplinary Research Journal, 14(2), 160–180.

Romanska, M. (2007). Dramaturgy Student Handbook. Emerson College Department of Performing Arts.

Saaduddin, S., & Novalinda, S. (2017). Pertunjukan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh: Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Ekspresi Seni, 19(1), 39–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i1.128

Staehle, U. (1973). Theorie des Dramas. Philipp Reclam.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif. ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Ek-sploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. ALFABETA.

Tjeptjep Rohidi Rohendi. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Citra Prima Nusantara.

Widodo, Su. (2010). Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Aditya Media Publishing.

Yalesvita, Y., & Eliza, M. (2020). Pelatihan Seni Peran (Akting) Teater Monolog Bagi Siswa-Siswi Dalam Mempersiapkan Kegiatan Fls2N. Batoboh, 5(2), 87. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1302

Yudiaryani. (2002). Panggung Teater Dunia: perkembangan konvensi dan bentuk Teater. Pustaka Gondho Suli.

Zaidah, N. (2016). Historifikasi, alinasi pada teater epik. Ikadbudi, 5, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v4i2.3219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License