Kreativitas Teater Rumah Mata di Bentara Kota Medan; Studi Kreativitas dalam Perspektif Czikszenmihalyi

Ilham Rifandi, Lusi Handayani

Abstract


Tulisan ini merupakan sebuah studi kreativitas Teater Rumah Mata (TRM), sebuah kelompok teater di Kota Medan yang masih berupaya eksis di tengah stagnasi kelompok-kelompok teater di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk merekam perjalanan kreatif TRM dalam perspektif teori kreativitas Mihaly Csikszenmihalyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan kondisi yang terdapat di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah perjalanan kreatif TRM yang sering terbentur karena kurangnya dukungan sarana dan prasarana, sikap dari penghuni domainnya yang kerap mengalami fluktuasi sehingga memengaruhi proses kreatif dan individu-individu yang bergabung dalam kelompok TRM. Dalam menghadapi permasalahan tersebut TRM melakukan penampilan di tengah keramaian, di taman-taman kota, dan menggagas strategi saweran, raon teater dan donasi rumah mata agar TRM tetap hidup.


Keywords


Kreativitas; Mihaly Csikszenmihaly; Teater Rumah Mata.

Full Text:

PDF

References


Csikszenmihaly, M. (1997). Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention. Harper Perennial.

Dahana, R. P. (2000). Homo Theatricus. Indonesiatera.

Endraswara, S. (2006). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Gadjah Mada University Press.

Hadi, Y. S. (2012). Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton. BP ISI Yogyakarta.

Hasan, & Saaduddin. (2018). FUNGSI SANDIWARA AMAL DI MASYARAKAT DESA PULAU BELIMBING, KEC BANGKINANG BARAT, KAB KAMPAR PROVINSI Riau. April, 1–13.

Irianto, I. S., Nazar, S., & Jamarun, N. (2021). VISI DRAMATIK SOEKARNO DALAM DRAMA RAINBOW: POETRI KENTJANA BOELAN. Melayu Arts and Performance Journal, 4(2), 141–159.

Irianto, I. S., Saaduddin, Susandro, & Medya Putra, N. (2020). Recombination of Minangkabau Traditional Arts in Alam Takambang Jadi Batu by Komunitas Seni Nan Tumpah. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(1), 85–99.

Mardiansyah, Erwin., & Precillia, M. (2021). PASIA MAIMBAU ( SEBUAH EKSPRESI TENTANG KEPUNAHAN IKAN BILIH ): VISUALISASI KERESAHAN ANAK NAGARI. Jurnal Malakanganmalakangan, 8(November 2021), 28–40.

Piliang, Y. A. (2018). Medan Kreativitas: Memahami Dunia Gagasan. Cantrik Pustaka.

Pramayoza, D. (2013). PEMENTASAN TEATER SEBAGAI SUATU SISTEM PENANDAAN. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2), 230.

Pramayoza, D. (2022). The Aesthetics of Eternal Paradox: Endless Dialogue Between Islamic and Minangkabau Thought in Wisran Hadi’s Dramaturgy. Cogito: Multidisciplinary Research Journal, 14(2), 160–180.

Precillia, M., & Darmadi, D. (2022). WOMEN’S STUDY ON RANDAI SI RABUANG AMEH, AS AN EXISTENCE OF RANDAI DEVELOPMENT IN MINANGKABAU. Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 24(2), 207–228. https://doi.org/10.26887/EKSPRESI.V24I2.2256

Saaduddin, S., Novalinda, S., Yuliza, F., & Pramayoza, D. (2019). Teater Boneka Wayang Sayur : Pemanfaatan Sayuran Sebagai. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5458(2), 161–173.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v4i2.3234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License