Kajian Penonton Terhadap Pertunjukan Drama Musikal Dara Petak Dara Jingga di Candi Pulau Sawah Siguntu Dharmasraya

Lestari Yuliana, Saaduddin Saaduddin, Herwanfakhrizal Herwanfakhrizal

Abstract


Drama musikal Dara Petak Dara Jingga merupakan perpaduan antara pertunjukan, drama, tari, dan musik serta seni visual. Pertunjukan ini berangkat dari kisah Dara Petak Dara Jingga yang bersal dari kerajaan Dharmasraya Sumatera Barat. Pertunjukan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2019 hingga tahun 2022. Daya tarik drama musikal Dara Petak Dara jingga melihat masyarakat Dharmasraya memiliki kepedulian tinggi menyaksikan pertunjukan ini pada waktu dilangsungkannya kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan dan penafsiran penonton serta melihat unsur struktur dan tekstur pada pertunjukan. Kajian Penonton Terhadap Pertunjukan Drama Musikal Dara Petak Dara Jingga" menggunakan metode kualitatif yaitu penonton memberikan tanggapan, penafsiran terhadap pertunjukan sesuai dengan pemaknaan masing-masing penonton. Penonton menanggapi struktur dan tekstur dari pertujukan serta memberikan penerimaan penonton terhadap pertunjukan tersebut. Berdasarkan analisis terhadap data yang didapatkan, bahwa penonton dapat ditinjau berdasarkan karakteristik penonton, konsep penonton, tipe penonton, dan jenis penonton. Selain itu kajian terhadap penonton menyatakan bahwa lokasi pertunjukan, dan pengalaman estetika penonton berperan dalam memberikan penerimaan dan penafsiran penonton.

 


Keywords


Kajian Penonton; Dara Petak Dara Jingga; Teater Musikal; Candi

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fauzi Nur Hidayat. (2018). "Amanat Film Crows Zero Karya Takashi Miike Dari Sudut Pandang Penonton Kajian Resepsi Sastra." Jurnal Universitas Diponogoro Semarang. Vol 4 (1) : 1-38

Arif Hidayat. (2010). "Komunikasi Dalam Pertunjukan Drama Antara Pengarang, Aktor dan Penonton." Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol 4 (1) : 4-50.

Cahyaningrum Dewojati. (2010). Drama Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Gajah Mada Unversity Press.

Chandra, D., Birowo, P., & Afrizal, H. (2023). "Resepsi Penonton Terhadap Pertunjukan Teater Termediasi Pandemi Produksi Teater Koma." Jurnal Vol (4) : 149–164.

Deki Syaputra ZE, O. Y. (2019). "Islamisasi Di Kerajaan Jambi. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari." Jurnal Vol (2) : 2-100.

Diki Chandra. (2023). "Resepsi Penonton Terhadap Pertunjukan Teater Termediasi Pandemi Produksi Teater Koma." Skripsi Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Dila Ayu Arioksa. (2019). Kajian Resepsi Terhadap Pertunjukan Randai Saedar Janela Di Kenagarian Sungai Tolang Kecamatan Guguk Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Divanti, A. P. (2021). "Experiential Marketing Pada Petunjukan Drama" Jurnal Vol (1), 49–61.

Emzir dan Saifur Rohman. (2017). Teori dan Pengajaran Sastra. Rajawali Pres.

Harymawan. (1993). Dramaturgi. Rosda karya.

Herwanfakhrizal. (1994). Analisis Struktur Naskah dan Pementasan Randai Panglimo Gaga. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Lono Simatupang. (2013). Pergelaran. Jala Sutra.

Mackintosh, I. (1993). Architecture, actor and audience: Theatre concepts.

Maretha, A. T., S, S. A., Ath, V., & Andlika, V. (2018). Resepsi Penonton Atas Wacana Poligami Pada Film ( Studi Pada Penonton Film Berbagi Suami ( 2006 )) Audience Reception On Polygamy Discaurse On Film ( Study On Berbagi Suami Film ( 2006 )). 1(2), 74–82.

Mustika, N. (2021). Resepsi Penonton pemula terhadap dokumentasi Pertujukan Opera Minangkabau Malin Nan Kondang. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Rini Oktavia sari. (2021). Pertunjukan Wayang Mbah Soero Oleh Ki Bandung di Kota Sawahlunto. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Rini Oktvia Sari. (2021). Kajian Resepsi Penonton Terhadap Pertunjukan Wayang Mbah Soero Oleh Ki Bandung Sriyanto Di Kota Sawahlunto. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Saaduddin. (2024). buku ajar penelitian. 94.

Sedgman, K. (2018). The reasonable audience: Theatre etiquette, behaviour policing, and the live performance experience. In The Reasonable Audience: Theatre Etiquette, Behaviour Policing, and the Live Performance Experience.

Srimayu, A. (2013). Arca Bhairawa Pada Masa Kerajaan Dharmasraya “Sejarah, Ikonografi dan Fungsi.” Arca Bhairawa Pada Masa Kerajaan Dharmasraya “Sejarah, Ikonografi dan Fungsi,” 53(9), 1689–1699.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. PT Gramedia.

Susan Bennett. (1997). Theatre Audiences-Taylor and Francis.

Syafriadi. (2016). Resepsi Masyarakat Penonton Nagari Batipuah Baruah Terhadap Pertunjukan Randai Intan Korong. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Tait, P. (2021). Theory for Theatre Studies: Emotion. In Theory for Theatre Studies: Emotion.

Tindale, C. W. (2015). The philosophy of argument and audience reception. In The Philosophy of Argument and Audience Reception.

Umar Junus. (1981). Resepsi Sastra. PT Gramedia.

Widya, S. P., Syafrial, & Elmustian. (2022). Respon Penonton terhadap Drama Serial My Lecturer My Husband Karya Gitlicious. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 4(2), 82–92.

Yudiaryani, D. (2019). Membaca Pertunjukan Teatrikal Dan Ruang Penonton. Computers in Human Behavior, 63(May), 9–57.

Zain, M., & Nurmariati, A. (2023). Pengaruh Film Dokumenter Pulau Plastik terhadap Persepsi Penonton. Bandung Conference Series: Journalism, 3, 336–3




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v7i1.5410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License