Pemeranan Tokoh HAM Dalam Naskah End Game Karya Samuel Beckett Terjemahan Asrul Sani Menggunakan Tehnik Akting Meisner

Alfian Ramadhan, Enrico Alamo, Wenhendri Wenhendri

Abstract


Penelitian berjudul Penerapan Unsur Dramatik Dalam Pertunjukan Teater Pemeranan tokoh HAM dalam lakon End Game karya Samuel Beckett, terjemahan Asrul Sani  menggunakan pendekatan motode Meisner dengan  teknik persiapan emosional, improvisasi dan pengulangan sebagai formula untuk  mewujudkan tokoh HAM pada sebuah pertunjukan teater.. Penciptaan pemeranan tersebut diawali dengan analisis struktur dan tekstur  tokoh HAM. Bagian dari analisis struktur tokoh HAM meliputi aspek fisiologi, psikologi dan sosiologi  tokoh. Analisis tekstur tokoh meliputi dialog dan spektakel. Hasil dari analisis dan tafsir pemeran  terhadap tokoh tersebut dijadikan pedoman dalam upaya proses penciptaan tokoh, dengan bertumpu  pada pendekatan peran dan daya cipta melalui potensi dan kekayaan batin, yang secara akademik  dimiliki oleh pemeran Penciptaan tokoh HAM pada pertunjukan teater adalah satu upaya untuk  memahami kembali pikiran-pikiran absurd yang tercermin berdasarkan perwujudan tokoh yang  menunjukkan keadaan tragis dan juga komedi.  


Keywords


Tokoh Ham; Samuel Beckett; Meisner

Full Text:

PDF

References


Barttow, A., and Y. Desyatova. Sistem Sekolah Amerika. Komunitas Teater dan Terry Menethu, 2013.

Batubara, A. R. “Mewujudkan Pemeranan Tokoh Baga dalam Lakon Prabu Maha Anu Karya Robert Pinget Terjemahan Saini KM.” Creativity and Research Theatre Journal, vol. 5, no. 1, 2023, pp. 87–98.

Beckett, Samuel. Drama Pengulangan sebagai Alat Dramatisasi Tulisan Samuel Beckett. Vital Voronau, 2010.

Esslin, Martin, and A. Mukhid. Teater Absurd. Pustaka Semburatbudaya, 2008.

Harymawan, R. M. A. Drama Turgi. Remaja Rosda Presindo, 1993.

Hasanuddin, W. S. Drama: Karya dalam Dua Dimensi. Cet. 2009, Angkasa, 1996.

Hasanuddin, W. S. Drama Karya Dua Dimensi: Kajian dan Analisa. Angkasa, 1996.

Longwell, Dennis. Sanford Meisner on Acting. Guendel Abraham, 1987.

Meisner, Sanford, Dennis Kraus, and Smith. Buku Kerja Satu: Kerja Aktor. Amerika Serikat, 1994.

Meisner, Sanford, Dennis Kraus, and Smith. Buku Kerja Dua: Kebahasaan Emosional. Amerika Serikat, 1994.

Pramayoza, Dede. Pementasan Teater sebagai Suatu Sistem Pengajaran. 2nd ed., UNS Press, 2013.

Zubaedi. Filsafat Barat: Dari Logika Baru Descartes hingga Revolusi Sains ala Thomas Kuhn. 2nd ed., AR-RUZZ Media, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v7i1.5602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License