PENANAMAN NILI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII A DI SMP NEGERI 7 KOTA SUNGAI PENUH

Nensi Humairah Heldia, Ranelis Ranelis, Hanafi Hanafi

Abstract


This paper aims to discuss "Instilling the Value of Character Education in Learning Arts and Culture Class VII A SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh". This paper intends to answer how to instill character education values in art and culture learning at SMP Negeri 7 Sungai Penuh? This problem was investigated by a field study conducted by SMP Negeri 7 Sungai Penuh as a source of accurate data to obtain documentation about the inculcation of the value of character education in the learning process of arts and culture. This study uses a descriptive qualitative method to tell in detail how to instill character education values in SMP Negeri 7 Sungai Penuh. The results of this study can be concluded that the application of character education in SMP Negeri 7 Sungai Penuh is in planning, implementation and evaluation. Students in the learning process can behave in accordance with the values of character education that have been applied by the teacher. There are still the emergence of obstacles in its application but the results obtained are quite good in the application of character education values.

Keywords: Character Education, students, results

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran makrame di SMP Negeri 17 Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar.Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran makrame di kelas VII A SMP Negeri 17 Kerinci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yng digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan metode praktik. Materi yang diajarkan dimulai dari pengenalan alat dan bahan, simpul yang digunakan, kemudian baru membuat karya makrame untuk benda fungsional salah satunya pot bunga gantung. Guru mengajar sesuai dengan keahliannya dibidang prakarya, mempersiapkan RPP yang jelas agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, materi yang disampaikan guru harus terstruktur, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran makrame di SMP Negeri 17 Kerinci.

Kata Kunci: Pembelajaran, makrame, guru, siswa


Keywords


Pendidikan Kriya

References


Afifah Zafirah, Fardatil Aini Agusti, Engkizar, dkk. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Melalui Permainan Congkak Sebagai Media Pembelajaran. jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1, April 2018.

Ardita Destiani, Sri Saparahayuningsih, wambrayadi. 2016, Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 1 (1), 7-14

Barmin. 2008. Seni Budaya dan Keterampilan untuk kelas IV SD dan MI. Solo : Tiga Serangkai. Depdiknas. 2004. Standar kurikulum TK dan RA. Jakarta: Depdiknas

Damri, Engkizar dan Anwar, F. 2017. Hubungan Self-Efficacy dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling, Vol. 3(1), hlm. 74-95.

Murniyetti, Engkizar, & Anwar, F. 2016. Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 6(2), hlm. 157- 166.

Susanto Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yaumi Muhammad, 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v1i1.2198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/