PERANCANGAN PACKAGING GULO PUAN MAKANAN TRADISIONAL PALEMBANG

Riski Septiandi, Aji Windu Viatra, Didiek Prasetya

Abstract


Banyak hal yang bisa dipelajari dari mendesain kemasan Gulo Puan untuk makanan tradisional Palembang ini, mulai dari bentuk kemasan yang praktis, dari segi bahan yang digunakan, setelah itu mendesain sesuai dengan konsep yang digunakan dan cara mind mapping ulang. Mempromosikan makanan tradisional merupakan strategi yang digunakan dalam merancang kemasan makanan tradisional Palembang Gulo Puan ini, setelah itu mulai mencari data yang valid untuk mengkonseptualisasikan ide yang diambil dari kerbau yang merupakan hasil susu kerbau sebagai media visual yang digunakan dalam mendesainnya. , dan banyak hal yang terkandung di dalam khasiat – khasiat dalam susu kerbau dan kerbau menjadikan nilai utama dari segi kandungan dalam susu kerbau sebagai bahan makanan yang di promosikan. Sedangkan untuk kemasan/packing, ini merupakan fungsi yang sangat efektif untuk mempromosikan suatu makanan melalui kemasan yang dibuat sesuai dengan hasil akhir yang telah penulis buat, dengan adanya kemasan ini dapat mempromosikan makanan tradisional gulo puan palembang setelah kemasan yang menarik dan memiliki ciri khas khas gulo Puan dapat dipromosikan ke toko makanan khas di palembang maupun di luar palembang sehingga dapat meningkatkan nilai jual makanan tradisional di palembang khususnya gulo puan. Tujuan dari perancangan kemasan ini semoga dapat menjadi review bagi adik-adik yang ingin mengangkat kemasan dan apa saja yang ada di dalam kemasan kemudian bagaimana merancang kemasan yang baik dan desain kemasan. dengan kemasan ini dapat mempromosikan makanan tradisional gulo puan palembang setelah kemasan yang menarik dan memiliki ciri khas Biasanya gulo puan dapat di promosikan ke toko makanan khas palembang maupun di luar palembang sehingga dapat meningkatkan nilai jual makanan tradisional di palembang, terutama Gulo Puan. Tujuan dari perancangan kemasan ini semoga dapat menjadi review bagi adik-adik yang ingin mengangkat kemasan dan apa saja yang ada di dalam kemasan kemudian bagaimana merancang kemasan yang baik dan desain kemasan. dengan kemasan ini dapat mempromosikan makanan tradisional gulo puan palembang setelah kemasan yang menarik dan memiliki ciri khas Biasanya gulo puan dapat di promosikan ke toko makanan khas palembang maupun di luar palembang sehingga dapat meningkatkan nilai jual makanan tradisional di palembang, terutama Gulo Puan. Tujuan dari perancangan kemasan ini semoga dapat menjadi review bagi adik-adik yang ingin mengangkat kemasan dan apa saja yang ada di dalam kemasan kemudian bagaimana merancang kemasan yang baik dan desain kemasan.
Kata Kunci : Kemasan, Tradisional, Makanan, Pengetahuan
 

ABSTRAK

Banyak hal yang dapat dipelajari dari mendesain kemasan Gulo Puan makanan tradisional khas Palembang ini, mulai dari bentuk kemasan yang praktis, dari segi bahan yang digunakan, setelah mendesain sesuai dengan konsep yang digunakan dan cara mind mapping untuk membuat kembali makanan tradisional tersebut adalah strategi yang digunakan dalam merancang kemasan Gulo Puan makanan tradisonalkhas Palembang ini, setelah itu menemukan data yang salah untuk mengkonsepkan sebuah ide mengambil dari kerbau tersebut yang merupakan hasil dari susu kerbaunya sebagai media visual yang digunakan dalam merancangnya, dan banyak hal yang terkandung didalam khasiat-khasiat yang ada di kerbau dan susu kerbau tersebut menjadikan nilai utama dari segi kandungan yang ada di dalam susu kerbau tersebut sebagai makanan yang ini.Adapun dalam pembuatan kemasan/kemasan ini merupakan fungsi yang sangat efektif untuk mempromosikan sebuah kemasan makanan yang dibuat sesuai dengan hasil akhir yang penulis buat, dengan adanya kemasan ini dapat meningkatkan makanan tradisional khas Palembang Gulo Puan ini setelah adanya kemasan yang menarik dan memiliki ciri khas , Gulo Puan dapat di promosikan ke toko-toko makanan khas Palembang dan luar Palembang sehingga dapat meningkatkan nilai jual makanan tradisional di Palembang terutama Gulo Puan.Dengan adanya kemasan ini dapat mendorong makanan khas Palembang Gulo Puan ini setelah adanya kemasan yang menarik dan memiliki ciri khas, Gulo Puan dapat mempromosikan toko-toko makanan khas Palembang dan luar Palembang sehingga dapat meningkatkan nilai jual makanan tradisional di Palembang terutama Gulo Puan.Dengan adanya kemasan ini dapat mendorong makanan khas Palembang Gulo Puan ini setelah adanya kemasan yang menarik dan memiliki ciri khas, Gulo Puan dapat mempromosikan toko-toko makanan khas Palembang dan luar Palembang sehingga dapat meningkatkan nilai jual makanan tradisional di Palembang terutama Gulo Puan.Tujuan dari perancangan kemasan ini semoga dapat dilihat oleh semua orang yang ingin mengangkat tentang kemasan dan apa saja yang ada di kemasan kemudian bagaimana cara mendesain dalam pembuatan kemasan yang baik dan benar dalam merancang kemasan.

Kata Kunci: Kemasan, Tradisonal , Makanan , Pengetahuan


Keywords


Desain

References


Adi Kusrianto. (2007), Pengantar Desain Komunikasi Visual.Penerbit Andi.Yogyakarta.

A.D. Pirous MA.2007, Desain Grafis Pada Kemasan, Jakarta, Erlangga.

Bridge M. Whellan. (1997), Color Harmony 2, Page One Publisher, Jakarta.

Cenadi Christine S. (1999),Elemen-Elemen Dalam Desain Komunikasi Visual,Intermedia, Yogyakarta.

E.P Dangler. (1992), Memilih Warna Kemasan, Pusaka Binaman Pressindo, Jakarta.

John Fiske. (2009), Cultural and Communication Studies Sebuah Pengantarn Paling Komprehensif,Jalasutra, Bandung.

Marcel Danesi. (2010), Pesan, Tanda Dan Makna : Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika Dan Teori Komunikasi, Jalasutra, Yogyakarta.

Miftah Sanaji. (2010), Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Palembang. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jurnal, Aji Windu Viatra2 (2014) Ekspresi Seni

Berkala Ilmiah.

Rachmat Kriyantono. (2007), Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta.

Rakhmat Supriyono. (2010), Desain Komunikasi Visual, Erlangga, Jakarta.

NARASUMBER DAN SUMBER INTERNET

Mardo Penjual Gulo Puan

http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=10837. Diakses 2 Februari 2018

http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/692. Diakses 2 Februari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v1i1.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/