KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR SENI BUDAYA DI SMP N 3 SAWAHLUNTO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Kreativitas Siswa Dalam Belajar Seni Budaya Di SMP N 3 Sawahlunto” bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang kreativitas siswa dan perkembangan kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Sawahlunto, terletak di Jl. Khatib Sulaiman Talawi Hilir Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis data deskriptif terkait fakta yang ditemui di lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas memiliki pengaruh terhadap hasil pembelajaran seni budaya pada materi keramik yang dipelajari siswa. Melalui kreativitas siswa dapat mengetahui rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin, bersikap jujur, percaya diri, mampu bekerjasama dengan baik dan ide-ide untuk keterampilan seni keramik dapat dilakukan dengan sistematis. Kreativitas siswa dalam belajar seni keramik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang menjadi faktor penyebab rendahnya kreativitas siswa. Keterbatasan waktu dalam pembelajaran seni budaya pada materi keramik membuat siswa kurang kreatif dalam membuat produk-produk keramik fungsional yang tertuang dalam rencana pembelajaran. Kreativitas siswa akan berkembang jika guru selalu bersikap demokratis dengan perilaku yang mau mendengarkan, menghargai siswa serta mendorong siswa untuk berani mengungkapkan pendapatnya dan melatih siswa berani mengungkapkan ide-ide melalui karyanya.
Kata Kunci : Pembelajaran, seni budaya, keramik, kreativitas
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambarita, Biner dan Peningkat Siburian. 2013. Manajemen Pendidikan dan Komunikasi. Bandung; Alfabeta
Anggota, Albi& Setiawan, Johan. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitaf. Sukabumi: CV Jejak
Munandar, Utami. 2002. Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, Mikke 2018, Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Soernarso dan Soeroto 2018. Seni Budaya. Jakarta; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Saud, Udin Saifuddin, dkk. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI Press
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v1i1.2200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id | HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/