PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MAKRAME DI SMP NEGERI 17 KERINCI
Abstract
The research entitled improving students' abilities in learning macrame at SMP Negeri 17 Kerinci. This study aims to determine the improvement of students' abilities seen from the planning, implementation and assessment of learning outcomes. This qualitative approach is descriptive research. Research data in the form of words and actions obtained through observation, interviews, and documentation. The object of this research is macrame learning in class VII A of SMP Negeri 17 Kerinci. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation. The method used is the lecture method, question and answer method and the practical method. The material taught starts from the introduction of tools and materials, the knots used, then making macrame works for functional objects, one of which is hanging flower pots. The teacher teaches according to his expertise in the field of crafts, prepares clear lesson plans so that learning objectives are achieved properly, the material presented by the teacher must be structured, so that it can improve students' abilities in learning macrame at SMP Negeri 17 Kerinci.
Keywords: Learning, macrame, teacher, students
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran makrame di SMP Negeri 17 Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar.Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini adalah penelitian deskriptif. Data penelitian berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran makrame di kelas VII A SMP Negeri 17 Kerinci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yng digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan metode praktik. Materi yang diajarkan dimulai dari pengenalan alat dan bahan, simpul yang digunakan, kemudian baru membuat karya makrame untuk benda fungsional salah satunya pot bunga gantung. Guru mengajar sesuai dengan keahliannya dibidang prakarya, mempersiapkan RPP yang jelas agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, materi yang disampaikan guru harus terstruktur, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran makrame di SMP Negeri 17 Kerinci.
Kata Kunci: Pembelajaran, makrame, guru, siswa
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Anik. 2007. Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta : Citra Media.
Asriyani Indah. 2013. Inspirasi Makrame. Surabaya: Tiara Aksa.
Ardita Destiani, Sri Saparahayuningsih, wambrayadi. 2016, Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 1 (1), 7-14
Barmin. 2008. Seni Budaya dan Keterampilan untuk kelas IV SD dan MI. Solo : Tiga Serangkai. Depdiknas. 2004. Standar kurikulum TK dan RA. Jakarta: Depdiknas
Rosna Maulia dan Ayu Bernadi,2017. Peningkatan Kreatifitas Siswa Kelas IV SD Melalui Pembelajaran Tematik Integritas Dengan Pendekatan Open- ended”. Jurnal Prima Edukasia, ISSN: 2338-4743, 5 (1), 91-101.
Tokopedia. 2020. Pot Bunga Gantung dalam http//www. Tokopedia.com, diakses 13.15 WIB, 10 Mei 2021.
Widyaurlock, Pamadhi, Hajar, dkk. 2012. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka. Pamilu,
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v1i1.2201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id | HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/