PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MOTIF BATIK KUANSING, RIAU, SUMATERA: SEBUAH EKSPLORASI NILAI-NILAI EDUKATIF

Lesi Arthalovy, Yuniarti Munaf, Indra Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ada pada motif batik Kuansing(Kuantan Singingi), Riau, dan Sumatera. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mengkaji fenomena budaya yang dijadikan motif batik Kuantan Singingi dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan di sentra IKM Batik Tulis Kari Maimbau dan sentra Batik Tulis Mayang Kuantan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pemilik sentra IKM Batik Tulis Kari Maimbau, wawancara dengan pemilik sentra Batik Tulis Mayang Kuantan dan wawancara dengan Tokoh Adat Kuantan Singingi serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pada motif batik Kuantan Singingi terdapat nilai-nilai pendidikan karakter religius, disiplin, peduli sosial, kerjasama dan kerja keras dan  peduli lingkungan pada produk batiknya. Motif-motif yang diterapkan pada batik Kuantan Singingi merupakan proses budaya yang berlaku dalam kehidupan masyarakatnya.Warna yang digunakan untuk produk batik Kuantan Singingi antara lain; hitam, merah, kuning dan hijau. Warna ini mengandung makna filosofis pada kehidupan masyarakat Kuantan Singingi

Keywords


Penerapan; nilai karakter; motif batik; Kuantan Singingi; Riau:

Full Text:

PDF

References


Handayani, S., Sukarno, S., & Sriyanto, M. I. (2021). Nilai Karakter Pada Motif Batik Sejarah Khas Ngawi Sebagai Muatan Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.774

Minarno, A. E., Maulani, A. S., Kurniawardhani, A., Bimantoro, F., & Suciati, N. (2018). Comparison of Methods for Batik Classification Using Multi Texton Histogram. Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control). https://doi.org/10.12928/telkomnika.v16i3.7376

Saddhono, K., Widodo, S. T., Makmun, M. T. Al, & Tozu, M. (2014). The Study of Philosophical Meaning of Batik and Kimono Motifs to Foster Collaborative Creative Industry. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v10n9p52

Samrin, S. (2016). Pendidikan karakter (Sebuah pendekatan nilai). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 120–143.

Sugiyono, P, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta.

Triwulandari, D. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Motif Batik Dewa Ruci Karya Sapuan Ditinjau Dari Perspektif Thomas Lickona. Jurnal Pendidikan Dan Penciptaan Seni. https://doi.org/10.34007/jipsi.v1i2.48

Yuniawan, H. B., & Marzuki, M. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MAKNA LUKISAN PETRUK DADI RATU, SEMARE KALING-KALINGAN MEGA KARYA SUBANDI GIYANTO. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v3i1.4095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/