PEMBELAJARAN MENGGAMBAR MOTIF BATIK BESUREK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Dika Julia Setyawan, Nefri Anra Saputra, Ranelis Ranelis

Abstract


Penelitian ini berjudul "Menggambar Motif Batik Besurek pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 2 Rejang Lebong." Tujuan utama penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Rejang Lebong dalam mata pelajaran seni budaya dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar, seperti menciptakan suasana belajar yang aktif, meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, dan menghilangkan rasa canggung siswa dalam bertanya terkait materi yang belum dipahami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek siswa kelas X SMA Negeri 2 Rejang Lebong sebanyak 25 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara dengan guru mata pelajaran seni budaya dan tanya jawab dengan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Rejang Lebong dalam menggambar motif batik besurek. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengenalan terhadap kegiatan menggambar motif batik besurek di lingkungan sekolah, suasana kelas yang kurang aktif, serta kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menggambar motif batik besurek. Selain itu, siswa juga cenderung tidak aktif bertanya kepada guru.


Keywords


Motivasi belajar; Seni budaya; Metode pembelajaran; Menggambar motif batik besurek; Siswa SMA Negeri 2 Rejang Lebong;

References


Heni Nur’afni, Rosso. (2008). Pesona Batik Warna Alam. Gramedia Pustaka. Mengenal batik dan cara mudah membuat batik. Tim Sanggar Batik Barcode

Parwati, Ni nyoman. (2018). Belajar dan pembelajaran. Depok. PT. Rajagrafindo.

Moleong. Lexy. J. (2001). Metode penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Teguh Budiarto, Bakhrul Ulum (2017) intermatika dalam seni mootif dalam pebelajaran

Hartiti, Ratna. (2013). penerapan media animasih flesh dalam pembelajaran motif batik. Jawa Timur. Diakses 02 Mei 2022

Ranelis, Rahmat Washington.p (2016). seni kerajinan batik besurek di bengkulu. padangpanjang: isi padangpanjang.

Sarosa, Samiaji. (2017). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Indeks Jakarta.

Suemanto, W. Dan Soetopo H. (1982). Dasar Dan Teori Pendidikan Dunia.Surabaya.Usaha Nasional.

Sumanto. (2006). Menggambar. proses menciptakan gambar dengan benda- benda tajam.

Suhersono, Henry. 2004. Motif krancng, tepi, dan lengkung. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supriono primus. (2016).batik bersurek.yogyakarta.C.V Andi offset.

Triwiyanto,teguh.(2017) Pengantar pendidikan. jakarta. PT.Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v3i1.4097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/