KESENIAN RARAK (CALEMPONG) SUDUT PANDANG FUNGSI DAN GUNA DI DESA SEBERANG TALUK KUANTAN SINGINGI RIAU

Nursyirwan Nursyirwan

Abstract


Rarak merupakan ensamble musik yang dimainkan dengan formasi instrumen calempong, gondang, dan oguang. Penelitian Rarak dilakukan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis pada wilayah musikal menggunakan teori fungsi, dan teori semiologi. Dalam masyarakat Kuantan Singingi, Riau,   Calempong pada kesenian Rarak memiliki peran penting dalam membawakan lagu. Rarak merupakan sebuah bangunan atas asosiasi subjektif dari kesan yang mereka tangkap pada lingkungan. Interpretasi  masyarakat  terhadap  musik  Rarak  menggiring  sebuah  kesimpulan tentang fungsi Rarak di tengah-tengah masyarakat. Fungsi-fungsi ini adalah fungsi yang bersangkutan dengan reaksi fisikal yang ditimbulkan ketika mendengar musik dan fungsi ritual sebagai bagian dari lagu mistis.


Keywords


Rarak; Fungsi; Guna; Seberang Taluk; Kuantan Singingi

Full Text:

PDF

References


Awerman, 1999. Tesis: Dikia Rabano Dalam Kebudayaan Minangkabau: kajian Fungsi dan Struktur Musikalnya; Pascasarjana. UGM,

Bandem,I Made, (2001)”Etnomusikologi Penyelamat Musik Dunia” dalam Nursyirwan “Varian Teknik Penalaan Talempong Logam Di Minangkabau”, Disertasi Pengkajian Seni Sekolah Pascasarajana UGM, (Yogyakarta: UGM Yogyakarta).

Hadi, Y. Sumandiyo. 2006. Seni dalam Ritual Agama.(Yokyakarta: Penerbit Buku Pustaka).

Hamidi,UU. (2000). Masyarakat Adat Kuantan Singingi. UIR Press, Riau.

Hartati,Henny, (2010), Fungsi Dan Makna Rarak Godang Pada Acara Pacu Jalur bagi Komunitas Melayu Di Taluk Kuantan Propinsi Riau, Pekanbaru: Universitas Islam Riau – Press

Kuntowijoyo, 2006. Budaya dan Masyarakat (edisi Parippurna). Yokyakarta: Tiara Wacana.

Mandar, Agus. 2013. “Sistem Persukuan Adat Kuantan Singingi.” Makalah Ilmiah yang dibentangkan pada seminar Aktuallisasi Adat Persukuan Kuantan Singingi.

MS, Suwardi. 2008.Dari Melayu Ke Indonesia (Yogjakarta: Pustaka Pelajar)

Merriam,Alan P., (1968), The Antropology of music, (Chicago: Nortwestern University Press,)

Purwanto, 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta,




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v17i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International