EKSISTENSI TARI GAMBYONG DI SANGGAR DUTA SANTARINA BATAM PROVINSI KEPULAUAN RIAU
Abstract
ABSTRAK
Tari Gambyong asal mulanya berdasarkan nama seorang penari jalanan. Nama seorang penari ini adalah Gambyong. Tari Gambyong merupakan salah satu bentuk tari tradisi yang hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Jawa Tengah di Batam. Tari Gambyong memiliki unsur-unsur tari seperti: tema, gerak, musik, kostum, desain lantai, dinamika, tata rias, dan lighting yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Eksistensi Tari Gambyong di Sanggar Duta Santarina sangat diterima dan diminati oleh masyarakat Batam pada umumnya dan masyarakat Jawa yang tinggal di Batam khususnya. Tari Gambyong di Batam saat ini populer bagi masyarakat Jawa yang berdomisili di sana. Dalam setiap acara, Tari Gambyong sering ditampilkan terutama untuk menyambut tamu agung atau untuk memperkenalkan budaya Jawa Tengah di Kota Batam.
ABSTRACT
The origin of Gambyong Dance is based on the name of street dancer. The name is Gambyong. Gambyong Dance is one of traditional dance which is live and growing in the life of Central Java’s people at Batam. Gambyong Dance has elements like theme, movement, music, costume, floor pattern, dynamics, cosmetology, and lightning, which are cannot be separated each other. The existence of Gambyong Dance at Duta Santarina Studio is very welcome by the people of Batam in general, and particular for Javanese people who live in Batam. Nowadays, Gambyong Dance is very popular for Javanese people who live in there. In every event, Gambyong Dance often performed to welcome grand guests or to introduce Central Java’s culture in Batam. This research is a qualitative research with descriptive method, data collection technique using observation, interview, and documentation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Efrida, E. (2016). ESTETIKA MINANGKABAU DALAM GERAK TARI BUJANG SAMBILAN. Ekspresi Seni. https://doi.org/10.26887/ekse.v18i1.84
Maijar, A. (2018). TRADISI “BUNGO LADO” SEBAGAI REPRESENTASI BUDAYA ISLAM DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Ekspresi Seni. https://doi.org/10.26887/ekse.v20i2.519
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.
Priyanto, W. P. (2015). ESTETIKA TARI GAMBYONG CALUNG DALAM KESENIAN LENGGER DI BANYUMAS. Imaji. https://doi.org/10.21831/imaji.v2i2.6946
Salim dkk. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana (Divisi PrenadaMedia Group).
Syafrayuda, D. R. (2015). EKSISTENSI TARI PAYUNG SEBAGAI TARI MELAYU MINANGKAU DI SUMATERA BARAT. Ekspresi Seni. https://doi.org/10.26887/ekse.v17i2.102
Syefriani. (2017). EKSISTENSI TARI CEGAK PADA MASYARAKAT SUKU BONAI DESA ULAK PATIAN KECAMATAN KEPENUHAN ROKAN HULU RIAU. Jurnal Koba.
Syefriani. (2019). TARI KREASI BARU ZAPIN SERIBU SULUK PADA MASYARAKAT PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU. Journal of Chemical Information and Modeling.
Tindaon, R. (2012). KESENIAN TRADISIONAL DAN REVITALISASI. Ekspresi Seni. https://doi.org/10.26887/ekse.v14i2.225
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i2.1389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni
E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International