BENTUK ORNAMEN MASJID KERAMAT LEMPUR KERINCI

Alipuddin Alipuddin, Yulimarni Yulimarni

Abstract


Bentuk ornamen yang diterapkan di Masjid Keramat Lempur sebagai penggubahan bentuk-bentuk figuratif sehingga menjadi tersamarkan ini dipandang sebagai upaya jalan keluar untuk menghindari larangan menggambarkan makhluk hidup dan dianggap pula sebagai strategi adaptasi penyebarluasan agama Islam pada waktu itu. Ornamen yang diterapkan pada umumnya berbentuk tumbuh-tumbuhan, geometris. Ornamen diterapkan pada bagian  luar maupun bagian dalam masjid, meliputi  hiasan pada tiang, dinding, alang, papan pengunci sudut, mimbar, dan tempat azan. Di samping itu, ornamen tersebut terlihat adanya pengaruh ornamen yang terdapat pada benda prasejarah. Ornamen tersebut ditata atau disusun berdasarkan prinsip komposisi, meliputi: pertimbangan keseimbangan, keserasian, irama, kesatuan, proporsi, dan disusun secara vertikal maupun horizontal. Menggunakan data kualitatif, penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Ornamen tidak hanya semata-mata sebagai penghias melainkan juga mengandung maksud-maksud simbolis.


Keywords


Ornamen, bentuk, komposisi.

Full Text:

PDF

References


KEPUSTAKAAN

Alipuddin, 2010. Ornamen Masjid Keramat Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci Jambi: Pertautan Teks dan Konteks(Tesis). Padangpanjang: ISI Padangpanjang.

Feldman, Edmund Burke.1967.Art As Image And Idea. New Jersey: Englewood Cliffs.

Hoop, A.N.J. Th.a Th. Van Der. 1949.Indonesische Siermotieven. Uitgegbven Door Het Koninklijk Bataviaasch

Genootschap van Kunsten En Wettenschappen.

Idris Djakfar dan Indra Idris. 2001. Menguak Tabir Prasejarah Di Alam Kerinci. Sungai Penuh: Pemerintah Kabupaten Kerinci.

I Wayan Suardana. 2009. “Ornamen Dalam Penciptaan Seni Kriya: Era Modern dan Posmodern”, dalam Sri Krisnanto dkk. (ed.)Seni Kriya dan Kearifan Lokal Dalam Lintasan Ruang dan Waktu.Yogyakarta: ISI Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. 1996.Metode Penelitian Kualitatif (ed.) Tjun Surjaman, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qardhawi, Yusuf. 1998. Islam Bicara Seni. Solo: Intermedia.

Soegeng Toekio M. 1984. Mengenal Ragam Hias Indonesia. Bandung: Angkasa.

Iskandar, Zakaria. 1984. Tambo Sakti Alam Kerinci 1. Proyek Penelitian Buku Sastra dan Daerah. Jakarta: Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International