BENTUK TATA RUANG PENTAS PANGGUNG PROSCENIUM DI GEDUNG WAYANG ORANG SRIWEDARI SURAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung Proscenium (proscenium arch). Tempat duduk penonton diatur untuk memberikan tampilan pertunjukan melalui lengkung proscenium di dinding. Penulis mengkaji bentuk bentuk tata ruang pada panggung procenium di Gedung Wayang Orang Sriwedari Surakarta. Bagian-bagian panggung yang dikaji adalah bingkai proscenium, border, backdrop, lantai panggung, wing, layar, apron, dan orchestra pit. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa bentuk tata ruang panggung proscenium di Gedung Wayang Orang Sriwedari beserta alat dan bahan yang digunakan untuk seluruh bagian-bagian panggung, serta detail kekurangan serta kelebihannya dari alat dan bahan yang digunakan.
ABSTRACT
The proscenium stage can also be called a framed stage because the audience watches the actors' actions through a proscenium arch or frame. The audience seating is arranged to give the show's appearance through the proscenium arch in the wall. The author examines the spatial forms on the proscenium stage in The Wayang Orang Sriwedari Building, Surakarta. The parts of the stage studied are the proscenium frame, border, backdrop, stage floor, wing, screen, apron, and orchestra pit. In this study, it was found that the spatial form of the proscenium stage at the Wayang Orang Sriwedari Building, along with the tools and materials used for all parts of the stage, as well as details on the advantages and disadvantages of the tools and materials used.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bangsa, P. P. dan P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008.
Cinthya, A., & Bachrun, A. S. (2016). Kajian Terhadap Ruang Tata Panggung Teater Tradisional. Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, 5, 75–82.
Leitermann, G. (2017). Theater Planning. In G. Leitermann (Ed.), Theater Planning (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315713069
Minawati, R. (2019). KOMODIFIKASI: MANIPULASI BUDAYA DALAM (AJANG) PARIWISATA Rosta. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.
Nuralia, L. (2017). Kajian Arti dan Fungsi Ragam Hias pada Rumah Tuan Tanah Perkebunan Tambung, Kabupaten Bekasi. Purbawidya, 6(1), 43–60.
Rahayu, N. N. S. (2014). Lokal Genius Pada Interior Etnik Bali Masa Kini. Jurnal Desain Interior, 1(1), 55–63.
Rusmana, T. (2017). Penciptaan Teater Dan Perlindungan Hak Cipta. Ekspresi Seni, 18(1). https://doi.org/10.26887/ekse.v18i1.8
Surasetja, R. I. (2007). Fungsi, ruang, bentuk dan ekspresi dalam arsitektur. Bahan Kuliah, 110(2007), 1–13. http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ARSITEKTUR/196002051987031-
R._IRAWAN_SURASETJA/Hand_Out/FUNGSI_RUANG_BENTUK_DAN_EKSPRESI.pdf
Tindaon, R. (2015). Kesenian Tradisional dan Revitalisasi. April, 1–13.
Yusril. (2012). Kreativitas dan Imajinasi Sutradara Membangun Teater Menuju Ruang publik. Ekspresi Seni, 14(1), 136–146.
Wawancara dengan Eko Prihantoro, selaku dosen ISI Surakarta dan mantan ketua pengurus Gedung Wayang Orang Sriwedari.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v23i2.1554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni
E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S.Hum | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International