PESONA RANCANG-BANGUN RANAH MINANG: DESTINATION BRANDING

Izan Qomarats

Abstract


Kehidupan demokrasi masyarakat Minangkabau terus akan diwarisi setiap generasinya karena telah menjadi kebiasaan dimanapun ia berada, disamping orang Minang punya kepribadian dan karakteristik tersendiri untuk dikenali lebih jauh. Kemudian, alam Minangkabau juga merupakan suatu daya tarik tersendiri untuk dieksplorasi kedalam bentuk karya Desain Komunikasi Visual berupa destination branding dengan tujuan memperkenalkan “identitas Ranah Minang” kepada masyarakat luas. Destination branding adalah upaya memperkenalkan destinasi ke dalam bentuk brand suatu produk. 


Keywords


demokrasi; alam Minangkabau; destination branding

Full Text:

PDF

References


Hakimy, H. Idrus. 1978. Rangakaian Mustika Adat Basandi Syarak di Minangkabau. Bandung: CV. Rosda, Bandung.

Hakimy, H. Idrus. 1994. Pokok-pokok Pengetahuan Adat Alam Minangkabau. Bandung: CV. Rosda Karya.

Hendroyono, Handoko. 2012. Brand Gardener. Jakarta: Literati.

Jefkins, Frank. 1996. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kasilo, Djito. 2008. Komunikasi Cinta. Jakarta: PT. Gramedia.

Kleinsteuber, “Asti, Syafri M. Maharajo”. 2012). Masjid-Masjid Kuno Indonesia. Jakarta: Genta Kreasi Nusantara.

Krasner, Jon. Motion Graphic Design, Applied History and Aesthetic, Focal Press.

Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

M.D. Mansur. 1970. Sejarah Minangkabau. Jakarta: Bhratara.

Mim van Zanten and Marjolijn van Roon.1995. Oideon, The Performing Arts World Wide. Research School CNWS Leiden, The Netherlands, Netherlands.

Navis, A.A. 1984. Alam Terkembang Jadi Guru, Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta: Grafitipers.

Rustan, Surianto S.Sn. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramadia Pustaka.

Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Supriyono, Rakhmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yokyakarta: Andi.

Suyanto, M., Aryanto Yuniawan. 2006. Merancang Film Kartun Kelas Dunia. Yokyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yokyakarta: Andi.

Utama,Indra. 2001. “Tari Mancak Sebagai manifestasi Pencak silat Harimau Campo Di Minangkabau”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Tesis.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v15i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International