DEDENG: NYANYIAN UPACARA TURUN KE LADANG ETNIK MELAYU LANGKAT, PESISIR TIMUR SUMATERA UTARA

Muhammad Zulfahmi

Abstract


Musik vokal dedeng merupakan salah satu genre kebudayaan musikal etnik Melayu Langkat Pesisir Timur Sumatera Utara. Musik vokal dedeng  dinyanyikan pada saat kegiatan adat dalam tiga aktifitas agricultural  yaitu pada saat upacara penebangan hutan untuk lahan pertanian disebut dedeng padang reba, menanam benih di lahan  disebut dedeng mulaka nukal dan pada saat aktifitas musim panen tiba. Ditinjau dari sudut konteks penyajiannya, musik vokal dedeng dapat dikategorikan kepada nyanyian yang bersifat sakral dan religi animisme. Teks-teks dedeng berisi tentang himbauan, permohonan, dan harapan yang ditujukan kepada dua hal yakni kepada manusia dan kepada alam. Kepada manusia ditujukan sebagai himbauan untuk bekerja sama mengerjakan lahan pertanian, sedangkan kepada alam ditujukan untuk meminta izin kepada penunggu hutan yang terdiri roh-roh gaib, binatang buas, dan hama-hama tanaman, agar tidak mengganggu aktifitas atau menghalangi keinginan   mereka untuk merintis dan mendapatkan hasil pertanian yang melimpah.

Keywords


Dedeng; Upacara; Melayu; Langkat

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, Wan. 1988. Budaya Popular dalam Masyarakat Melayu Bandaran. Kuala lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Alasuutari, Pertti. 2001. Qualitatif Method And Cultural Studies, dalam Soedarsono, Metodologi Seni Pertunjukan Dan Sen Rupa. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Geertz, Clifford. 1974. The Interpretation Of Culture. London: Hutchinson & CO Publisher LTD.

Merriam, Alan P. 1964. The Anthropology Of Music. Evanston, Illinois: Northwestern University Press.

M.Manurung, Herry. 1995. Dedeng Padang Reba Dalam Kebudayaan Etnis Melayu Langkat:Kajian Etnomusikologis Terhadap Musik dalam Konteks Kebudayaan , Struktur Musik dan Teks. Medan: Fakultas Sastra Jurusan etnomusikologi Universitas Sumatera Utara.

Nasution, S. 1982. Metode Research. Bandung: Jemmars.

Pelly, Usman at all. 1986. Sejarah Pertumbuhan Pemerintahan Kesultanan Langkat, Deli Dan Serdang. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Sejarah Dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi Dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Soedarsono,R.M. 2002. Seni Pertunjukan Indonesia Di Era Globalisasi Yogyakarta: Gadjah mada University Press.

Takari, Muhammad. 1996. Dari kebudayaan Agraris Ke Industri Di Indonesia: Studi Kasus Musik-Musik Etnis Di Sumatera Utara. Yogyakarta:Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v14i1.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International