Membangun Identitas Ronggeang Sebagai Musik Melalui Analisis Lagu Sirek-Sirek dan Baburu Babi Kelompok Rantak Saiyo di Nagari Salareh Aia Agam, Sumatera Barat

NORA ANGGRAINI, YADE SURAYYA, FAHMI MARH

Abstract


Artikel ini membahas anlisis musik untuk membangun ronggeang sebagai musik pada kelompok Rantak Saiyo di Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Sumatera Barat. Gambaran dari bentuk musik ronggeang disajikan dalam notasi lagu yang dianalisis diantaranya lagu Sirek-sirek dan Baburu babi. Fokus analisis lagu dari motif, ritme, kalimat, akor serta pantun. Bentuk bernyanyi yang dilakukan dalam menyanyikan lagu tersebut adalah transkripsi musik etnis dengan kelimuan musikologi. Sebagai suatu metode memberikan gambaran musik etnis Minangkabau ronggeang. Alasan pilihan lagu Sirek-sirek dan Baburu babi yang dibawakan Rantak Saiyo utnuk dianalisis adalah dikarenakan lagu tersebut yang paling sering dimainkan dalam pertunjukkan ronggeang. Lagu yang sering mengajak penonton ingin terlibat langsung membawakan pantun-pantun secara spontan

Keywords


Musik Ronggeang; analisis musik; Sirek-srek; Baburu Babi;

Full Text:

Remote PDF

References


Adhityatama, A. (2019). Logotype Sebagai Citra Grafis Dalam Konteks Identitas Visual Grup Band Major Label Dan Indie Label. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 4(1), 1.

E. Meigalia, dkk. (2019). Penampil Lintas Gender Dalam Sastra Lisan Minangkabau, Ronggeang Pasaman. AKSARA, 31(1).

Heskett, J. (2002). Toothpicks and Logos: Design in Everyday Life. Oxford University Press.

Hirzi, A. T. (2007). Mengomunikasikan Musik kepada Anak. M. Mediator, 8(2), 201–210.

Jamalus. (1998). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Rineka Cipta.

Lidskog, R. (2017). “The role of music in ethnic identity formation in diaspora: a research review.” Sosial Sicence Journal, 24–36.

Linggasari., T. S. A. (2017). Kreativitas Guru Dalam Kanak-kanak, Pembelajaran Musik di Taman Seni, (TK) Kemala Bhayangkari 2 Boyolali. Musik Unnes, 6(2), 55–65.

Mathews, S. M. and S. A. (2020). Role of Education in Transmitting Culture in Society. Researchgate.Net, 1–6.

Nora Anggraini, N. (2014). Kreativitas Seniman Salareh Aia (Agam) Dalam Pengembangan Musik Ronggeang Rantak Saiyo. Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 16(2), 270–282.

Rinanda Rizky Amalia Shaleha. (2019). Do Re Mi: Psikologi, Musik, dan Budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 45. https://doi.org/DOI: 10.22146/buletinpsikologi.37152

Salim, J. (2009). Psikologi Musik. Yogyakarta. Best Publisher.

Schindler. (1980). Listening to Music. Holt, Rinehart and Wiston.

Smyth., G. (2017). “Shanty singing and the Irish Atlantic: Identity and hybridity in the musical imagination of Stan Hugill.” The International Of Maritime Historyl, 29(2), 387–046.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/ekspresi.v22i2.2249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 

E-ISSN 2580-2208 | P-ISSN: 1412-1662 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/index
Email: red.ekspresiseni@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn | Thegar Risky.S.Kom | Febri Desman, S | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni © 2017 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International