Analisa Strategi Pemasaran di Rimbun Kopi Batam dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Giska Soraya, Rezki Alhamdi

Abstract


Saat ini, banyak sekali bidang usaha makanan dan minuman yang berusaha bertahan dengan cara melakukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga dapat meningkatkan pengunjung maupun keuntungan. Aktivitas bauran pemasaran mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu bidang usaha. Rimbun Kopi adalah salah satu bidang usaha makanan dan minuman yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Rimbun Kopi berusaha mempertahankan eksistensi usahanya dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat

Tujuan penulisan proyek akhir ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran Rimbun Kopi dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Masalah yang di bahas adalah bagaimana minat pengunjung untuk datang kembali ke Rimbun Kopi serta bagaimana strategi pemasaran yang di gunakan Rimbun Kopi dengan menggunakan marketing mix 7P product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Metode yang penulis gunakan dalam penulisan proyek akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian tugas akhir ini bahwa pengunjung melakukan pembelian ulang sekaligus datang kembali ke Rimbun Kopi sebagai pelanggan. Untuk strategi pemasaran marketing mix 7P yang digunakan oleh Rimbun Kopi cukup efisien dan memberikan hasil yang cukup memuaskan bagi Rimbun Kopi.

 

Keywords: Pariwisata, Strategi pemasaran, Marketing mix 7P, Rimbun Kopi


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta

Kotler, Philip dan Rein I. 2001. Marketing Asian Places. New York: Wiley

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid I dan II. PT. Indeks, Jakarta

Kotler, Philip. 2006. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga

Sutojo, Siswanto. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta : Damar Mulia Pustaka

Timpe. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi

Wardana, Wikrama, 2017. Strategi Pemasaran. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish

WA, Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta : Penerbit Andi

Yazid. 1999. Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v1i1.2584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JTSTI : Journal of Tourism Science, Technology and Industry
E-ISSN 2962-5378 | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2

Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JTST

Email: jurnalprodipariwisata1234@gmail.com

Editor in Chief: Taufik Hidayat, S.Hi.,M.BA | Managing Editor: Fernando Fasandra, S.ST., M.ParFresti Yuliza, S.Sn., M.A | Anggun, A.Md. AB

Publisher: Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editorial Office: Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain Lt. 1 Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803