PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA FRONT DESK AGENT DI VANILLA HOTEL BATAM

Lerian Rizky Adela, Andri Wibowo

Abstract


Manajemen pengetahuan (Knowledge Management) merupakan dasar dari sebuah efektivitas dan efesiensi dalam operasional bisnis suatu perusahaan yang juga menjadi pendukung daya saing perusahaa dalam berkompetisi.  Dalam hal ini, kinerja pegawai Front Desk Agent menjadi kunci dalam memberikan kepuasan kepada setiap tamu yang ada di hotel, dikarenakan pegawai Front Desk Agent merupakan tempat pertama dan terakhir yang dijumpai oleh tamu sehingga kesan pertama dan terakhir dibentuk oleh Front Desk Agent.

Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif dilakukan secara intensif, dimana penulis juga ikut berpartisipasi dalam mencatat hal-hal yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah pengetahuan (Knowledge) dalam bekerja baik di suatu organisasi maupun perusahaan. Dalam penelitian ini penulis juga mencari tahu tentang penerapan Knowledge Management yang dilaksanakan ketika operasional sedang berlangsung.  Dalam pelaksanaannya Knowledge Management di Vanilla Hotel Batam saat ini dapat dikatakan sudah terlaksana dengan cukup baik, dikarenakan seluruh kinerja karyawan Front Desk Agent telah memahami tentang pehamahan informasi dan Knowledge Management itu sendiri. Hal ini juga di dukung dengan adanya System hotel yang mendukung pelaksanaan operasional hotel

 Keywords: Tourism, Industry, Knowledge Management , Front Desk Agent .


Full Text:

PDF

References


Aufar, Erda.2016 Pengaruh knowledge management terhadap kompetensi manajerial. para pengusaha industry kecil di kabupaten Cirebon:manajerial,VOL.15 No.1 JUNI 201

Bastie,Destiana.2018 Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu diHotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara,Medan : Kampus Bina Widya.

Badan Pusat Statistik. 2019 Jumlah Kunjungn Wisatawan ke Indonesia Tahun 2019.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/17/5-tahun-terakhir-rerata-pertumbuhan-kunjungan-wisawatan-mancanegara-14.

Hadi,Wisnu.2014 Peranan Front Desk Agent dalam membentuk citra positif di dunia perhotelan, Yogyakarta:AKPAR Bina Sarana Informatika.

Kosasih, Natalia. 2012 Pengaruh Knowledge Management terhadap kinerja karyawan:studi kasus Departemen Front Office Surabaya Plaza Hotel: Universitas Kristen Petra.

Mandalia, S. & Rizal (2021). Potential of Pariangan Tanah Datar hot spring for domestic tourism. Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts, 13(3), 01-08.

Mursid,2015. Analisis pengaruh pelayanan Front Office terhadap perilaku.

Ockto,Darmawan.2018 Pengaruh Knowledge Management terhadap kinerja karyawan di Hotel Ibis Style Malang,Jawa Timur : Universitas Brawijaya.

Pasaribu,Manerep.2016 Knowledge,Innovation,Entrepreneurship, Medan.

Ramadi,Rikaro.2016 Penerapan Knowledge Management System pada perusahaanotomotif PT.Astrido Jaya Mobilindo:Universitas Budi Luhur.

Sundiman,Didi.2017Pengaruh Knowledge Management terhadap kinerja karyawan(studi empiris pada PT.SMS Kabupaten Kotawaringin Timur): Universitas Darwan Ali.

Surya,Fifi.2013 Analisa pengaruh Knowledge Management terhadap keunggulan

bersaing dan kinerja perusahaan : Universitas Kristen Petra.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v1i1.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JTSTI : Journal of Tourism Science, Technology and Industry
E-ISSN 2962-5378 | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2

Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JTST

Email: jurnalprodipariwisata1234@gmail.com

Editor in Chief: Taufik Hidayat, S.Hi.,M.BA | Managing Editor: Fernando Fasandra, S.ST., M.ParFresti Yuliza, S.Sn., M.A | Anggun, A.Md. AB

Publisher: Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editorial Office: Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain Lt. 1 Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803