Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan Usaha May Burger Batam

Ardi Gunawan, Dewi Aurora Mikasari, Tito Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis dari usaha Burger, untuk mengetahui kelayakan dari aspek non keuangan dan kelayakan aspek keuangan. Analisis kelayakan menggunakan aspek non keuangan yaitu aspek produksi dan aspek pemasaran, sedangkan alat analisis yang digunakan untuk aspek  keuangan menggunakan Аnаlisis Cost Volume Profit. Menurut Blocher menyаtаkаn bаhwа Аnаlisis Cost Volume Profit merupаkаn suаtu metode untuk mengаnаlisis bаgаimаnа pengаruh keputusаn operаsi dаn pemаsаrаn terhаdаp lаbа berdаsаrkаn pemаhаmаn аtаs hubungаn аntаrа biаyа vаriаbel, biаyа tetаp, hаrgа juаl per unit, dаn tingkаt output. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis studi kelayakan bisnis may burger Batam layak untuk dikembangkan dilihat dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan. Pengembangan usaha May burger batam telah terealisasi dengan baik, dengan di hadirkannya inovasi pilihan daging burger yang sudah di pamerkan dalam Pesta Wirausaha dan juga sudah di pasarkan pada outlet May Burger Batam. Maka dapat disimpukan bahwa May Burger Batam telah berhasil. Hasil analisis dari aspek keuangan menunjukan bahwa  May Burger Batam memiliki kenaikan pendapatan tiap bulan nya sebesar 2-3 juta perbulan dalam  Penjualannya. Dengan tingkat keuntungan sebesar 30-35% perbulan.


Full Text:

PDF

References


Abdullah dan Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Aliefah, A.N. and Nandasari, E.A. (2022) ‘Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Keuangan Pada Kedai Olan’Z Food Kebumen’, LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 5(02), pp. 112–128.

Basu Swastha. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. (edisi 2), yogyakarta : Penerbit Liberty-Yogyakarta

Dedi Purwana & Nurdin Hidayat, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Fahmi, Irham. 2014. Studi Kelayakan Bisnis Dan Keputusan Investasi. Jakarta: Mitra WacanaMedia

Fauziyyah, L. and Husaini, A. (2016) ‘Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja Dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan’, Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), pp. 155–164.

Hidayat, L. and Halim, S. (2013) ‘Analisis Biaya Produksi Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(2), pp. 159–168. doi:10.37641/jimkes.v1i2.263.

Johan Suwinto, Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Jumingan, Studi Kelayakan Bisnis ( Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan ), Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Kasmir dan Jakfar.2012. Studi Kelayakan Bisnis. (edisirevisi). Jakarta: Kencana.

Mandalia, S. & Taufik Hidayat. et, al. (2022). Income Analysis Of Merchants At Istano Basa Pagaruyung Tourism Object Tanah Datar Regencyduring The Covid-19 Pandemic. Vol 4. https://conference.metaskrip.com/index.php/icon-uce/issue/view/9

Nanda Puspita Ciptaning Dewi (2017) ‘Analisis Cost Volume Profit Sebagai Dasar Perencanaan Penjualan dan Perencanaan Laba’, 49(1), pp. 189–197.

Ramadhan, D.S. and L, S.A. (2021) ‘Aspek Manajemen ASPEK MANAJEMEN Disusun Oleh : Riyan Yulianto Mata Kuliah Dosen Pengampu : Studi Kelayakan Bisnis : Drs . I Komang Winatha , M . Si .’, (September).

Safitra H, R. (2017) ‘Analisis Pengaruh Strategi Segmenting , Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea’, Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 6(1), pp. 28–44.

TIRIS SUDRARTONO (2019) ‘Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Umk’, Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), pp. 53–64. doi:10.32670/coopetition.v10i1.40.

Trisnawan, A.D. and Amron (2013) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen Handphone Samsung Di Semarang’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Yanuar, D. (2016) ‘Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang’, Jurnal E-KOMBIS|, II(1), p. 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v1i2.3273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JTSTI : Journal of Tourism Science, Technology and Industry
E-ISSN 2962-5378 | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2

Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JTST

Email: jurnalprodipariwisata1234@gmail.com

Editor in Chief: Taufik Hidayat, S.Hi.,M.BA | Managing Editor: Fernando Fasandra, S.ST., M.ParFresti Yuliza, S.Sn., M.A | Anggun, A.Md. AB

Publisher: Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editorial Office: Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain Lt. 1 Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803