Pelatihan Pembuatan Komik Untuk Pengembangan Branding Desa Wisata Kubu Gadang

Muhammad Fadhli, Taufik Hidayat

Abstract


Pelatihan pembuatan komik untuk pengembangan branding desa wisata kubu gadang di Desa Wisata Kubu Gadang adalah untuk memaksimalkan potensi desa wisata Kubu Gadang. Semenjak di tetapkan sebagai desa wisata, Kubu Gadang belum memiliki posisi branding maksimal sebagai destinasi pariwisata. Kubu Gadang cukup ramai dikunjungi wisatawan baik dalam negeri atau pun manca Negara. Pada saat Covid-19 melanda, jumlah wisatawan yang datang sedikit mengalami kemerosotan. Namun setelah masa adaptasi kebiasaan baru yang dicanangkan oleh pemerintah dengan program 3M nya, maka secara berangsur-angsur Kubu Gadang mulai kembali ramai dikunjungi.

Pelatihan pembuatan komik untuk pengembangan branding desa wisata kubu gadang. Pelatihan ini di pilih karena memiliki kelebihan antara lain bisa dikerjakan secara mandiri oleh masyarakat lokal, serta menambah keahlian penduduk sekitar destinasi dalam menulis skenario dalam komik serta mendesain grafis gambar komik. Produk yang dihasilkan nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan untuk kegiatan kepariwisatawan.

Kegiatan pelatihan ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan keahlian atau keterampilan  masyarakat. Pelatihan yang ditujukan ke Pokdarwis Kubu Gadang, diharapkan akan memotivasi anggotanya untuk berkreasi menghasilkan karya berupa komik Kubu Gadang. Kemudian juga bisa dikembangkan untuk menghasilkan beragam produk komik lainnya sesuai dengan kreativitas dari pembuatnya. Pelatihan ini diberikan kepada generasi muda Kubu Gadang agar bisa diteruskan ke kelompok masyarakat lainnya.


Full Text:

PDF

References


Daryanto (2010). Media Pembelajaran. Gava Media : Yogyakarta.

Gumelar, M.S. (2011). Comic Making – Cara Membuat Komik. Indeks : Jakarta.

Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experiences. Thomson Delmar Learning.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar. Baru Algensindo.

Santoso Haryano (2009). Workshop Membuat Komik Bagi Siswa SMA/Sederajat. Jurnal Abdi Seni. Vol 01.

Yusuf A Hilman dkk, (2018). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata. Karangasem




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v1i2.3662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JTSTI : Journal of Tourism Science, Technology and Industry
E-ISSN 2962-5378 | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2

Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JTST

Email: jurnalprodipariwisata1234@gmail.com

Editor in Chief: Taufik Hidayat, S.Hi.,M.BA | Managing Editor: Fernando Fasandra, S.ST., M.ParFresti Yuliza, S.Sn., M.A | Anggun, A.Md. AB

Publisher: Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editorial Office: Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain Lt. 1 Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803