BAJU SAISUAK SEBAGAI DAYA TARIK FASHION DI DESA WISATA KUBU GADANG

Muhammad Fadhli

Abstract


Desa Wisata Kubu Gadang berlokasi di Kelurahan Ekor Lubuk, Kota PadangPadang Panjang. Baju Saisuak sebagai produk fashion telah menjadi warna tersendiri dalam pengembangan kepariwisataan di Desa Wisata Kubu Gadang. Para pengelola (Pokdarwis dan Stake Holder setempat) kiranya tepat menjadikan Baju Saisuak sebagai icon desa wisata ini karena : Memiliki karakter yang unik, Cepat menarik perhatian publik, Berkesesuaian dengan karakter Desa Wisata Kubu Gadang. Menyampaikan pesan yang kuat tentang pelestarian budaya yang sedang diupayakan, Memberikan kontribusi yang kuat terhadap promosi, Memiliki nilai estetik khusus, Merepresentasikan nilai-nilai dan norma budaya dalam berpakaian bagi wanita Minangkabau, Fotogenik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep baju saisuak awalnya dimunculkan. Kemudian bagaimana pengaruhnya terhadap pekembangan wisata di Kubu Gadang. Setelah itu, peneliti juga mengungkap apa saja yang membuat baju saisuak berhasil menjadi icon  pariwisata di Kubu Gadang. Karena yang dijadikan dasar adalah persepektif pengelola, masyarakat dan wisatawan.

 


Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. 2012. Elemen-Elemen Semiologi. Yogyakarta: Jalasutra.

Coomans, Mikhail. 1987. Manusia Daya Dahulu, Sekarang, Masa Depan. Jakarta : PT Gramedia

Hasyim, M. 2016. Fashion Sebagai Komunikasi: Analisis Semiotis Atas Fashion

JOKOWI Pada Pemilihan Presidan 2014.

Mandalia, S., Fitria, N., & Hidayat, T. (2023). The effect of service, facility, and security toward tourists’ interest to Adityawarman Museum. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 7(1), 69-77.

Mary D. Troxell. 1981. Fashion Merchandising. New York :Gregg Division, McGraw-Hill.

Sobur, Alex. 2012. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit. Alfabeta,Bandung

Sugiarto. (2016). Pengantar Ekowisata. : . Yogyakarta: Khitah Publishing.

Rahmat, H. K., Salsabila, N. R., Nurliawati, E., Yurika, R. E., Mandalia, S., Pernanda, S., & Arif, F. (2022, June). Bibliokonseling Berbasis Nilai-Nilai Sumbang Duo Baleh dalam Membangun Karakter Positif bagi Remaja di Minangkabau. In NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling (Vol. 2, No. 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v2i1.3821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JTSTI : Journal of Tourism Science, Technology and Industry
E-ISSN 2962-5378 | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2

Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JTST

Email: jurnalprodipariwisata1234@gmail.com

Editor in Chief: Taufik Hidayat, S.Hi.,M.BA | Managing Editor: Fernando Fasandra, S.ST., M.ParFresti Yuliza, S.Sn., M.A | Anggun, A.Md. AB

Publisher: Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editorial Office: Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain Lt. 1 Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803