KREASI SULAMAN SUJI CAIA MENGGUNAKAN TEKNIK KERANCANG TIMBUL UNTUK PAKAIAN PEREMPUAN MINANGKABAU

Silva Yusalim, Susas Rita Loravianti, Nursyirwan Nursyirwan

Abstract


The creation of “Suji Caia's embroidery creations using engineering techniques. Embossed for Minangkabau Women's Clothing” is a collaboration of Suji Caia with a manual draft embossed using gold / silver thread metallic. This Suji Caia embroidery creation is applied to Minangkabau women's clothing in the form of a veil, baju kurung and a bag. The form of this is the creation with the concept of expressing personal art as a symbol of the author's personal expression of Suji Caia. This creation is a work of textile art which is applied to Minangkabau women's clothing using rose and saik galamai motifs. In this work, the use of sequins, swarosvky and crystal crest are additional techniques used to add beauty value to the work. There are several stages in creating this artwork method, including exploration, design and embodiment stages. As a result, five works were created, the Minangkabau women's clothing set paired with Pandai Sikek songket.

Keywords: Suji Caia Embroidery; Embroidery; Design, Minangkabau; Women's Clothing


Abstrak

Penciptaan karya seni “Kreasi Sulaman Suji Caia menggunakan Teknik Kerancang Timbul untuk Pakaian Perempuan Minangkabau” merupakan kolaborasi Suji Caia dengan kerancang manual berbentuk timbul menggunakan benang emas/ perak metalik. Kreasi Sulaman Suji Caia ini di terapkan pada pakaian perempuan Miunangkabau berupa kerudung, baju kurung dan tas. Bentuk karya ini merupakan hasil kreasi pengkarya dengan konsep ekspresi personal seni sebagai lambang ekspresi pribadi pengkarya terhadap Suji Caia. Kreasi ini merupakan karya seni tekstil yang diaplikasikan pada pakaian perempuan Minangkabau menggunakan motif mawar dan motif Saik Galamai. Dalam karya ini pemasangan payet, swarosvky dan jambul Kristal merupakan teknik tambahan yang dipakai untuk menambah nilai keindahan karya. Metode dalam penciptaan karya kriya seni ini melalui beberapa tahap, antaranya tahap eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Karya yang diciptakan berjumlah lima set pakaian perempuan minang yang dipasangkan dengan songket Pandai Sikek.

Kata Kunci: Sulaman Suji Caia; Bordir, Kerancang; Pakaian Perempuan; Minangkabau.


Keywords


Sulaman Suji; Bordir; Perempuan Minangkabau; Embroidery; Design; Clothing

Full Text:

PDF

References


Akmal, Ahmad. (2013). Ekspresi Bentuk Simbolik Seni Ritual Makan Bajamba. Padang Panjang: Institut Seni Isi Padang Panjang.

Budiono. (2008). Kriya Tekstil. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

Dhavida, Usria, (1996). Pakaian Adat Wanita Payokumbuah. Padang: Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat.

Ernawati (2008). Tata Busana. Jakarta: Depdiknas.

Hakimy Idrus. (1994). Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, Dan Pidato Alua Pasambahan Adat Di Minangkabau.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jamil, Muhammad. (2015). Padusi Minang, Bukittinggi: Cinta Buku Agency.

Kartika, Dharsono Sony. (2004). Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sains.

Kartika, Dharsono Sony.(2016). Kreasi Artistik Perjumpaan Tradisi Modern Dalam Paradigma kekaryaan Seni. Surakarta: LPKBN Citra Sain.

Kartika, Dharsono Sony.(2007). Kritik Seni. Bandung: Rekayasa Sains.

Mutia, Riza, dkk. (2012). Ragam Hias Koleksi Museum Adityawarman, Padang: Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat.

Pulukandang, Wasia Roesbani. (2011). Menghias Kain, Bandung: Angkasa.

Razani, Sita Dewi, dkk. (2011). Sulam Tenun dan Renda Khas Kotogadang, Jakarta: Dian Rakyat.

Refisrul, dkk. (2012). Budaya Sumatra Barat, Padang: BPSNT Padang Press.

SP Gustami. (2007). Butir-Butir Mutiara Estetika Timur. Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Yogyakarta: Prasista.

Suhersono, Hery. (2004). Desain Bordir Flora dan Decoratif, Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.

Suhersono, Hery.(2005). Desain Bordir Motif Geometris. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.

Suhersono, Hery. (2011). Bordir Lukis, Jakarta: Dian Rakyat

Soedjono, dkk. (2007). Membordir, Bandung: Angkasa.

Soedarso, Sp. (1974). Pengertian Seni, Terjemahan Buku The Meaning Of Art, Yogyakarta: STSRI.

Sumartono. (1992). “Orisinalitas Karya Seni Rupa dan Pengakuan Internasional dalam SENI”, Jurnal Pengetahuan dan Penciptaan Seni, II/02, Yogyakarta BP ISI.

Surya, Dharma, (2011), Konsep Desain Dalam Pengembangan Produk,

Yuliarma. (2007). Perbaikan Proses Pembuatan Desain dan Teknik Hias Bordir serta Modifikasi Baju Tradisioanal Minangkbau Untuk Peningkatan Mutu dan diversifikasi Produk. Jakarta:Penelitian DP2M

Yuliarma. (2009) Analisis Kreativitas Mahasiswa S1 Tata Busana Dalam Mendesain Warna pada Karyanya. Padang: UNP




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v4i1.1063

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v4i1.1063.g787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License