Promotion Strategies for Music/Song Works through Digital Platforms by Orkes Taman Bunga

Fani Utari

Abstract


Penggunaan Platform digital belakangan ini menjadi salah satu hal yang krusial dan dianggap sangat berdampak terhadap pemasaran suatu produk. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan platform digital sebagai kebutuhan yang harus selalu ada. Hal inilah yang membuat pemilihan strategi promosi melalui Platform Digital dipandang mampu memberikan kontribusi untuk pemasaran musik/lagu secara menyeluruh terhadap target pasar yang dituju. Pemanfaatan platform digital dan media sosial menjadi langkah tepat sebagai bentuk strategi pemasaran karya-karya msuik/lagu Orkes Taman Bunga agar dapat diterima oleh penikmat musik hanya melalui media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimanakah strategi pemasaran karya musik/lagu yang dilakukan oleh Orkes Taman Bunga. Untuk mendapatkan jawaban dari penelitian ini dilakukanlah metode penelitian kualitatif dengan proses pengumpulan data secara interaktif dan non interaktif. Data diperoleh dari wawancara dengan informan yang merupakan manager dan personel Orkes Taman Bunga dan observasi terhadap pertunjukan dan dokumentasi dari Orkes Taman Bunga. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa strategi promosi melalui palatform digital mampu memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan Orkes Taman Bunga. Itu terlihat dari banyaknya penonton saat live performance, banyaknya pendengar pada aplikasi Spotify, iTunes, Deezer, Joox dan banyaknya penonton pada aplikasi Youtube, TikTok, Instagram, Facebook. Untuk mempertahankan itu dibutuhkan konsistensi dan up to date terhadap perkembangan teknologi.

Keywords


strategi promosi, orkes taman bunga, platform digital

Full Text:

PDF

References


Abdul, R., & Lestari, W. (2013). Bentuk Aransemen Musik Keroncong Asli Karya Kelly Puspito dan Relevansinya Bagi Remaja Dalam Mengembangkan Musik Keroncong Asli.

Aji, R. (2019). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal.

Akdon. (2016). Manajemen strategi untuk manajemen pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Andriyanto, R. D., & Haryanto, J. O. (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Manajemen Teknologi.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.

Ardiansyah, L. (2018). Media Sosial Youtube Dalam Menunjang Popularitas Musisi Indonesia. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2018, 301–306

Ardini, N. W. (2018). Balinese Pop Music : An Industrialization Era. Jurnal of Music Science, Technology, and Industry.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh Harga Dan Free Wi-fi Terhadap Keputusan 104 Pembelian Produk Pada Angkringan Di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Aplikasi Bisnis

Gerry, Wahyu D, dkk. (2019). Pemasaran Musik Pada Era Digital Digitalisasi Industri Musik Dalam Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Wacana. Universitas Indonesia.

Halimah, L. (2010). Musik Dalam Pembelajaran. Eduhumaniora.

Irwan. (2018). Dinamika Perubahan Sosial Pada Komunitas Lokal. Jogjakarta: Deepublish.

Iswandi. (2015). Refleksi Psikologi Musik Dalam Perilaku Masyarakat Sehari-hari.

Kotler, Philip dan Lane, Kevin Keller. Tanpa tahun. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran. 2008. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. 2012. Principles of Marketing. (Aus): Pearson Education Australia

Littlejohn, S.W., Karen, A.F. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. California: Sage publications

Maulana, I., & Alamsyah, A. (2017). Rekomendasi Model Bisnis Industri Musik Pop Dan Rock Di Indonesia Berdasarkan Model Business Canvas. Jurnal Manajemen Indonesia.

Megandaru, A. G., & Oktafani, F. (2019). Pengaruh Social Media Marketing, Experiential Marketing, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Band Burgerkill. 6(2), 4501–4507.

Mondry. 2008. Teori dan praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, j, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murphy,S.2015.Independent music Marketing in the digital age: an Examination of the decision Making Process and Key Issues Facing an Independent Singer-Songwriter Producing and Marketing an album (LP) in the Digital Age

O’Reilly, D., Larsen, G., & Kubacki, K..2013. Music, Markets and Consumption: Goodfellow Publishers,Limited.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persainga Global Kebangsaan.

Purnama, A. (2014). Netlabel Sebagai Alternatif Distribusi Karya Musik. Journal Student.

Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian Dalam Perspektif Al Quran dan Hadith. Studi Keislaman.

Radiosunu. (2001). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE.

Ready, A. (2016). Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Sephia, Putri. F, dkk. (2023). Strategi Mempertahankan Popularitas Melalui Kegiatan Promosi Media Digital. Jurnal penelitian Seni Budaya. ISI Surakarta.

Soeharto. (1996). Serba Serbi Keroncong. Jakarta: Musika.

Tasliman, M., & Suryawibawa, D. T. (2019). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk Perumahan Syariah di PT. Jannata Land.

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran Edisi 2. Andi: Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Andi: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v7i2.4822

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v7i2.4822.g1910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License