TRANSFORMASI SOSIAL MELALUI SEKOLAH KELUARGA DI KELURAHAN KUBU GULAI BANCAH KOTA BUKITTINGGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KELUARGA

Desi Yurika, Selvi Kasman

Abstract


Keluarga modern menghadapi berbagai tantangan yang berpotensi melemahkan ketahanan dan kualitas interaksi antaranggota keluarga. Globalisasi dan perkembangan teknologi telah mengubah pola komunikasi dan peran dalam keluarga, sehingga diperlukan strategi adaptasi yang tepat untuk menjaga keseimbangan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program Sekolah Keluarga di Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kota Bukittinggi, dalam meningkatkan ketahanan keluarga melalui peningkatan keterampilan pengasuhan, komunikasi, serta pemahaman terhadap nilai-nilai budaya dan norma sosial. Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana transformasi sosial akibat modernisasi mempengaruhi peran keluarga serta sejauh mana program Sekolah Keluarga dapat membantu keluarga dalam menghadapi perubahan tersebut. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif keluarga dalam program ini. Teknik purposive sampling diterapkan untuk memilih informan yang relevan, terdiri dari orang tua peserta program, fasilitator, serta tokoh masyarakat. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, yang kemudian dianalisis dengan model Miles & Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Keluarga memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pentingnya pola asuh yang tepat serta memperkuat komunikasi dalam keluarga. Selain itu, program ini berkontribusi dalam mempertahankan nilai-nilai budaya dan norma sosial di tengah pengaruh globalisasi dan digitalisasi. Namun, efektivitas program masih perlu ditingkatkan melalui evaluasi berkelanjutan agar tetap relevan dengan perubahan sosial yang terjadi.


Keywords


Ketahanan keluarga, globalisasi, teknologi, pola asuh, Sekolah Keluarga, adaptasi sosial.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2021). Sekolah Keluarga : Konsep Dan Implementasi, Cerdas, Jakarta

Aminah, Sti. (2020). Transformasi Sekolah Keluarga: Sebuah Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi Tentang Transformasi Sekolah Keluarga Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi.

Asyifa, Luthfia (2023) Komunikasi Persuasif Penyelenggara Sekolah Keluarga Kota Bukittinggi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Komunikasi Keluarga. Diploma Thesis, Universitas Andalas

Bahri, Syamsul (2019). Model Transformasi Sekolah Keluarga Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi Tentang Model Transformasi Sekolah Keluarga Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi

Bustamar, B., & Alimir, A. (2023). Sekolah Keluarga Konstruksi Ketahanan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bukittinggi. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 15(1), 65-88.

Bandura, Albert. (1986). Social Foundations Of Thought And Action: A Social Cognitive Theory

Di Kota Bukittinggi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.

Coleman, James. (1990). Foundations Of Social Theory

Debora, Aprianingsih (2020) Implementasi Program Sekolah Keluarga Di Kota Bukittinggi. Diploma Thesis, Universitas Andalas.

Hidayah, Nurul (2022). Peran Sekolah Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi ,Membahas Peran Strategis Sekolah Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi.

J. Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kuaitatif. Bandung: PT Remaja Rosda.

Rahmi, A. (2021). Transformasi Sosial Melalui Sekolah Keluarga, Universitas Bukittinggi.

Secara Yuridis, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992

Yani, Ahmad (2023). Transformasi Sekolah Keluarga; Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi Membahas Secara Komprehensif Tentang Konsep Transformasi Sekolah Keluarga Di Bukittinggi, Mulai Dari Sejarah, Teori, Dan Implementasinya.

Prof. Dr. Ahmad Yani (2023) ” Transformasi Sekolah Keluarga; Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi

Dra. Nurul Hidayah, M.Pd. (2022) Peran Sekolah Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi

Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.(2019)Model Transformasi Sekolah Keluarga Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi

Dr. Siti Aminah(2020)Transformasi Sekolah Keluarga: Sebuah Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga Di Bukittinggi

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice-Hall.

Bauman, Z. (2000). Liquid modernity. Polity Press.

Bowlby, J. (1969). Attachment and loss: Vol. 1. Attachment. Basic Books.

Bowen, G. A. (2009). "Document analysis as a qualitative research method." Qualitative Research Journal, 9(2), 27-40.

Bronfenbrenner, U. (1986). "Ecology of the family as a context for human development: Research perspectives." Developmental Psychology, 22(6), 723-742.

Coleman, J. S. (1990). Foundations of social theory. Harvard University Press.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods. McGraw-Hill.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The SAGE handbook of qualitative research (4th ed.). SAGE Publications.

Durkheim, E. (1893). The division of labor in society. Free Press.

Fukuyama, F. (1999). The great disruption: Human nature and the reconstitution of social order. Free Press.

Gadamer, H. G. (1975). Truth and method. Continuum.

Giddens, A. (1991). Modernity and self-identity: Self and society in the late modern age. Polity Press.

Husserl, E. (1970). The crisis of European sciences and transcendental phenomenology. Northwestern University Press.

Lofland, J., & Lofland, L. H. (1995). Analyzing social settings: A guide to qualitative observation and analysis (3rd ed.). Wadsworth.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Parsons, T. (1951). The social system. Free Press.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods (3rd ed.). SAGE Publications.

Putnam, R. D. (2000). Bowling alone: The collapse and revival of American community. Simon & Schuster.

Saldaña, J. (2009). The coding manual for qualitative researchers. SAGE Publications.

Spradley, J. P. (1980). Participant observation. Holt, Rinehart, and Winston.

Strauss, A., & Corbin, J. (1998). Basics of qualitative research: Techniques and procedures for developing grounded theory (2nd ed.). SAGE Publications.

Turkle, S. (2011). Alone together: Why we expect more from technology and less from each other. Basic Books.

Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). SAGE Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v8i1.5380

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v8i1.5380.g2216

MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: jurnalmapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License