RUMAH GADANG, PEREMPUAN, DAN KESUNYIAN DALAM KARYA FOTO YOPPY PIETER
Abstract
Photography takes a big role in the delivery of information, documentation, promotion of product to works of art. Through Saujana Sumpu’s photobook, Yoppy Pieter tries to convey information about a village as a result of most of her brides choosing to settle in urban areas. In the Saujana Sumpu’s photobook, Yoppy presents the Rumah Gadang object and its activities in several photos. This study examines the meaning of photos in Yoppy Pieter’s Saujana Sumpu photobook in which there are the Rumah Gadang object and its activities. This study uses a qualitative method. The theory used in this research is the Semiotics of Roland Barthes. The result of the analysis obtained, there are three main points that Yoppy wants to tell, namely the Rumah Gadang with its history and function, the role of women in the Rumah Gadang, and the silence that occurs in the Rumah Gadang due to its lagging. All photos of Yoppy are presented in black and white colors that give the impression of old age, memories, and what has passed.
ABSTRAK
Fotografi berperan besar dalam penyampaian informasi, dokumentasi, promosi produk hingga karya seni. Melalui photobook Saujana Sumpu, Yoppy Pieter mencoba menyampaikan informasi tentang sebuah desa akibat sebagian besar pengantinnya memilih untuk menetap di perkotaan. Dalam photobook Saujana Sumpu, Yoppy menampilkan objek Rumah Gadang dan aktivitasnya dalam beberapa foto. Penelitian ini mengkaji tentang makna foto dalam photobook Saujana Sumpu karya Yoppy Pieter yang di dalamnya terdapat objek Rumah Gadang dan aktivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Roland Barthes. Hasil analisis yang diperoleh, ada tiga poin utama yang ingin disampaikan Yoppy, yaitu Rumah Gadang dengan sejarah dan fungsinya, peran perempuan dalam Rumah Gadang, dan keheningan yang terjadi di Rumah Gadang karena ketertinggalannya. . Semua foto Yoppy dihadirkan dalam warna hitam putih yang memberikan kesan tua, kenangan, dan apa yang telah berlalu.
Kata Kunci: Rumah Gadang; Perempuan; Kesunyian; Fotografi; Yoppy Pieter.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajidarma, Seno Gumira. 2005. Kisah
Mata: Edisi Kedua. Yogyakarta:
Galangpress.
Bahrudin, Ahmad. 2017. Ornamen Minangkabau
“Dalam Perspektif
Ikonografi”. Padang Panjang: Institut
Seni Indonesia Padangpanjang.
Barthes, Roland. 1977. Image-music-
text. New York: Hill and Wang.
______. 1983. Mythologies. New York: Hill
and Wang.
Budiman, Kris. 2003. Semiotika Visual.
Yogyakarta: Buku Akik.
Hawkes, Terence. 1978. Structuralism
and Semiotics. London: Methuen.
Kato, Tsuyoshi. 2005. Adat Minangkabau
dan Merantau dalam Perspektif
Sejarah. Jakarta: Balai
Pustaka.
Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes.
Magelang: Yayasan Indonesiatera.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Posdakarya.
Narbuko, Cholid dan Achmadi Abu.
Metodologi Penelitian.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Navis, A.A. 1984. Alam Takambang Jadi
Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau.
Jakarta: Grafitipers.
Pieter, Yoppy. 2015. Saujana Sumpu.
Jakarta: Yayasan Panna.
Rakhmat, Jalaluddin. 2018. Psikologi
Komunikasi. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi
Penelitian Kajian Budaya dan
Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora Pada
Umumnya. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedarsono, R.M. 1999. Metodologi Penelitian:
Seni Pertunjukan dan
Seni Rupa, dengan contoh-contoh
untuk tesis dan disertasi. Bandung:
Masyarakat Seni Pertunjukan
Indonesia.
Soedjono, Soeprapto. 2006. Pot-pourri
Fotografi. Jakarta: Universitas
Trisakti.
Sontag, Susan. 1977. On Photography.
New York: Rosseta Books.
Suarman, Dkk. 2000. Adat Minangkabaun
nan Salingka Hiduik.
Padang: Duta Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian &
Pengembangan (Research and Development).
Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Taufan. 2016. Photo Story Handbook.
Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
______. 2018. Literasi Visual. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian
Kepustakaan. Jakarta: Yayasan
Obor Indonesia.
Zulhelman. 2011. Konsep Alam Takambang
Jadi Guru dalam Ragam
Hias Minangkabau. Program
Pascasarjana. Universitas Gajah
Mada Yogyakarta.
Website
www.pannafoto.org
www.worldpressphoto.org
www.witness.worldpressphoto.org
www.arkaproject.com
DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v2i1.1728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 ARTCHIVE: Indonesia Journal of Visual Art and Design
This Journal is Indexed by:
Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design
E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803
Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0