MENGGERUS STIGMA INTROVERT MELALUI PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE SOSIAL

Arief Rahmaddian W., Anin Ditto, Eva Yanti

Abstract


The understanding of introverts is minimal, but the term introvert has become widespread, adding to the stigma against introverts even more. One way to overcome the stigma against introverts is to provide correct information about the introvert and extrovert personality types and how they work in us. There is a need for mutual understanding and acceptance between those who stigmatize and those who receive stigma. Efforts are being made so that the stigma can be removed and social campaigns carry out mutual understanding. Data collection methods are observation and interviews. The method used in this analysis is AIDCA. Using the Appeal to an Emotionally Friendly approach, namely persuasion with a friendly approach, can be defined as a way of persuasion by using empathy to persuade or persuade to change one's attitudes and behaviour. The social campaign works in the form of card games, motion graphics, posters and merchandise. The ultimate goal of this social campaign is to make the audience aware of themselves to know others better by identifying themselves first because every human being needs time to rest from the crowded outside world in different timescales so as to create a balance in life that makes we are more aware of the importance of empathy and mutual respect between every human being

Pemahaman tentang introvert yang minim namun istilah introvert sudah menyebar luas sehingga menambahkan stigma terhadap introvert lebih banyak lagi. Salah satu cara mengatasi stigma yang muncul terhadap introvert adalah dengan memberikan informasi yang benar mengenai tipe kepribadian introvert dan ekstrovert dan seperti apa dua hal itu bekerja di diri kita. Dibutuhkannya perasaan saling mengerti dan menerima antara yang memberi stigma dan yang menerima stigma. Upaya yang dilakukan agar stigma tersebut dapat dihilangkan dan saling memahami adalah dengan kampanye sosial. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu AIDCA. Menggunakan pendekatan Appeal to Emotionally Friendly, yaitu persuasi dengan pendekatan keramahan, secara sederhana bisa didefinisikan sebagai cara persuasi dengan menggunakan empati sebagai alat untuk membujuk atau mempersuasi untuk mengubah sikap dan perilaku seorang. Karya kampanye sosial berupa permainan kartu, Motion graphic, poster dan merchandise. Tujuan akhir dari kampanye sosial ini adalah menyadarkan audience untuk lebih mengenal diri orang lain dengan cara mengenali diri sendiri terlebih dahulu, karena setiap diri manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat dari padatnya dunia luar dalam rentang waktu yang berbeda-beda, sehingga terciptanya keseimbangan dalam hidup yang membuat kita lebih sadar akan pentingnya empati dan rasa saling menghargai antar setiap manusia.

Kata kunci : Perancangan, Kampanye Sosial, Stigma, Introvert, Empati


 


Keywords


Social Campaign, Stigma, Introvert, Empathy

References


REFERENSI

Eysenck, Hans. (2017). The Psychology of Introvertsion: Eysenck’s Theory of Arousal. “Introvert Palace” dalam https://www.introvertpalace.com/blogs/news/the-psychology-of-introvertsion-eysenck-s-theory-of-arousal, diakses 24 Juli 2021.

Hjelle, Larry A. dan Ziegler, J. Daniel. (1992). Personality Theories; basic asumptions, research, and apllication third edition. United States: McGraw-Hill, inc.

Jung, Carl Gustav. (1948). Psychologische typen. Den Haag: Servire.

______________. (1953). The problem of the attitude-type. In Two essays on analytical psychology. New York: Pantheon, 1966.

Riyanti, Dwi dan Prabowo. (1998). Psikologi umum 2. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daftar Informan

Fauzhia Ramadhan (24 th.). Head of Marketing di Ubah Stigma, wawancara tanggal 28 Mei 2021 via Zoom.




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v3i2.3195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0